PNP Sediakan 22 Prodi yang Sesuai Passion dan Punya Prospek Cerah


Jumat, 22 Mei 2020 - 12:18:42 WIB
PNP Sediakan 22 Prodi yang Sesuai Passion dan Punya Prospek Cerah Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

HARIANHALUAN.COM -- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 resmi dibuka oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud bersama Forum Politeknik Negeri Se-Indonesia melalui video conference, Selasa, 19 Mei 2020 lalu. Khusus Politeknik Negeri Padang (PNP), pada Tahun Akademik 2020/2021 siap menerima 1.552 orang dengan menyediakan 55 kelas dari 22 program studi yang ditawarkan.

Jumlah tersebut direkrut dari jalur SBMPTN 153 kursi, SNMPN 428 kursi, SBMPN 601 kursi, dan seleksi mandiri 370 kursi.

Hal itu diungkapkan Direktur PNP, Surfa Yondri saat Sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) Tahun 2020 secara daring via aplikasi Zoom, kemarin.

Surfa Yondri menjelaskan, SBMPN adalah jalur seleksi masuk politeknik negeri yang dulunya disebut Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Mekanisme pendaftarannya tidak banyak berbeda. Seleksinya sama dengan SNMPN dan bisa diikuti oleh lulusan SMA, SMK, MA, dan lulusan Kejar Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

"Dikarenakan wabah Corona tahun ini yang membuat pemerintah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSPBB), penjaringan mahasiswa dilakukan secara portofolio. Calon peserta wajib mengunggah (meng-upload) data prestasi mulai dari semester 1-6," kata Surfa Yondri.

Di sisi lain, kata Surfa Yondri, untuk calon mahasiswa yang kurang mampu dapat memanfaatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sama seperti calon mahasiswa lainnya, mereka dapat melamar ke 42 politeknik yang ada di Indonesia dengan biaya pendaftaran Rp150.000 hingga 25 Juni 2020.

Terkait alur pendaftarannya, menurut Wakil Direktur 1 PNP, Revalin Herdianto, peserta cukup melakukan registrasi dengan memasukkan NISN, e-mail, dan 3 pilihan prodi yang ada di 2 pilihan politeknik yang diminati.

"Kemudian calon mahasiswa melakukan pembayaran pendaftaran, selanjutnya login ‘memasukkan kata sandi guna mendapatkan hak akses’ dan melakukan pengisian data untuk proses finalisasi," terang Revalin.

Lebih lanjut, kata Revalin, kuota penerimaan tahun 2020 ini di tiap politeknik di Indonesia terdiri dari SBMPN 40%, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 40% dan sisanya 20% untuk jalur mandiri.

Mengutip pesan Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto dalam launching SBMPN, diingatkan agar calon mahasiswa menjadikan pendaftaran kuliah ini sebagai momen untuk menentukan dan meneguhkan passion ‘minat dan bakat’ dan menetapkan cita-cita hendak menjadi apa setelah tamat kuliah.

"Pilih program studi yang diingini dan memiliki visi yang jelas, di Politeknik yang sudah dikenal, dan tidak perlu ikut-ikutan teman," pesannya.

Sebagai panduan program studi, calon mahasiswa dapat melihat pada web: https://penerimaan.pnp.ac.id. Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SBMPN dapat diakses melalui laman https://sbmpn.politeknik.or.id.

Dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan kepada peserta setelah melakukan registrasi dan pembayaran biaya pendaftaran. Selanjutnya pendaftar diarahkan untuk memasukkan data secara online. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]