Konsep Herd Immunity Ditolak Gugus Tugas COVID-19 Jabar, Ini Alasannya


Jumat, 22 Mei 2020 - 16:27:20 WIB
Konsep Herd Immunity Ditolak Gugus Tugas COVID-19 Jabar, Ini Alasannya Ilustrasi

BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Jawa Barat (Jabar) menolak konsep herd immunity. Juru Bicara GTPP COVID-19 Jabar Daud Achmad mengatakan konsep herd immunity bukan solusi tepat untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

"Jika herd immunity dalam konteks kekebalan kelompok atau komunitas, tentu sangat tidak setuju. Karena itu sama saja dengan pembiaran penularan, yang namanya herd immunity itu bisa dikatakan kebal kalau sudah ditemukan vaksin, atau sembuh dari penyakit yang sudah diketemukan obatnya," ujar Daud dalam telekonferensi pers dari Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (22/5/2020).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun tak merekomendasikan konsep herd immunity diterapkan di setiap negara dan melonggarkan lockdown atau karantina wilayah. WHO menilai cara mendapatkan herd immunity dengan membiarkan masyarakat tertular di masyarakat sangat berbahaya.

"Bila minimal 90 persen dari jumlah populasi sudah sembuh baru bisa dikatakan kekebalan kelompok atau herd immunity," kata Daud.

Sebelumnya, penambahan angka kasus positif COVID-19 secara signifikan juga terjadi secara nasional. Dalam rentang waktu satu hari, terjadi penambahan kasus sebanyak 973 kasus, yang membuat angka warga terpapar virus Corona menembus angka 20.162 orang.

Lebih lanjut, Daud mengatakan, menjelang perayaan Idul Fitri 1441 H, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk melakukan pengetatan di jalur-jalur mudik. Hal itu berkaitan dengan upaya menekan penyebaran COVID-19.

"Pengawasan di sejumlah titik untuk menghindari mudik, gugus tugas telah memutuskan memperkuat di sejumlah titik, ini sudah dikoordinasikan dengan Polri dan TNI, akan ada perkuatan personel di sejumlah titik pengawasan, agar menghindari terjadinya mudik," ujar Daud. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]