Selama 2 Bulan, Animal Community B-Reptanic Evakuasi 20 Ular


Jumat, 22 Mei 2020 - 17:11:09 WIB
Selama 2 Bulan, Animal Community B-Reptanic Evakuasi 20 Ular Proses evakuasi seekor ular jenis king Cobra.

HALUANHARIAN.COM -- Selama dua bulan terkhir, petugas Rescue Bukittinggi Reptil Animal Community (B-Reptanic), telah mengevakuasi puluhan ekor binatang dari kediaman warga.

Puluhan binatang itu seperti Ular jenis Piton, Ular Kopi, ular Tikus, Ular Pucuk, Ular Segitiga Merah, King Kobra, Kobra Sembur, Musang, Biawak dari ukuran kecil sampai jumbo dan lainnya. Kemudian seluruh binatang itu akan dievakuasi dan mencari tempat untuk kediamannya.

Salah seorang petugas sekali gus pendiri B-Reptanic, Waldi mengatakan, semua binatang yang telah kita evakuasi, akan dicarikan tempat yang nyaman dan jauh dari kediaman warga.

"Tapi kita terkendala dengan tempat karantina untuk mengevakuasi binatang tersebut, karena sudah minimnya hutan yang ada di Bukittinggi," sebut Waldi, Jumat (22/5/2020).

Waldi berharap, pihak terkait juga bisa untuk membantu penyediaan tempat dan lokasi dari reptil yang telah dievakuasi dan jauh dari pemukiman warga. Namun untuk sementara, pihaknya masih mengkarangtina hewan itu pada tempat seadanya.

"Untuk saat sekarang, kita hanya menyediakan kandang seadanya untuk hewan-hewan yang telah kita evakuasi," sebutnya lagi

Sementara itu, Community B-Reptanic telah mengevakuasi 20 ular, evakuasi diantaranya dilakukan dibeberapa rumah warga dan tempat-tempat keramaian, bahkan ada juga ular jenis Piton yang dievakuasi B-reptanic dari dalam asrama polisi.

"Selama proses evakuasi, tidak ada pungutan biaya. Selanjutnya, jika ada warga butuh bantuan untuk mengevakuasi ular dan binatang lainnya, bisa menghubungi instagram @B-Reptanic. Kemudian untuk luar wilayah Bukittinggi, biasanya kami meminta bantuan dari pencinta reptil setempat," ungkapnya.

Namun pihaknya menghimbau kepada masyarakat, jika ada menemukan binatang buas yang bisa mengancam keselamatan, jangan melakukan tindakan sendiri.

"Untuk evakuasi, hanya dilakukan oleh petugas kami yang telah berpengalaman. Berharap hal itu jangan ditiru," tutupnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]