Update Corona Sumbar, Total 438 Positif, 157 Sembuh dan 24 Meninggal


Jumat, 22 Mei 2020 - 18:23:22 WIB
Update Corona Sumbar, Total 438 Positif, 157 Sembuh dan 24 Meninggal Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kasus pandemi virus Corona atau Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar) tampaknya belum menunjukkan penurunan, hal tersebut dikarenakan masih adanya penambahan kasus positif setiap hari.

Hingga hari ini, Sumbar telah melaporkan sebanyak 438 warganya terinfeksi virus mematikan ini, bahkan kasus Covid-19 telah melebar ke 17 kabupaten dan kota yang ada di Sumbar.

Namun belakangan ini, Sumbar patut bersyukur karena kasus pasien yang sembuh lebih banyak dari kasus meninggal. Hari ini terdapat lima orang pasien yang dinyatakan sembuh, dua orang positif, dan satu orang meninggal dunia.

Kelima pasien positif Covid-19 dinyatakan Sembuh, di antaranya, Pria 38 th, warga Kuranji Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang, Wanita 17 th, warga Andaleh Kota Padang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital, Pria 58 th, warga Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.

Kemudian, Wanita 60 th, warga Mato Aia Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang, dan Wanita 26 th, warga Pauah Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan spesimen darah kasus Covid-19 di M. Djamil, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Sedangkan pasien yang dinyatakan positif, yaitu, Wanita umur 34 tahun, warga Pulau Punjuang, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari tempat kerja, dan Pria umur 36 tahun, warga Pulau Punjuang, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan pasien secara isolasi mandiri sementara.

"Pasien yang dinyatakan meninggal dunia merupakan Pria berumur 59 tahun warga Lubuk Kilangan, Kota Padang, yang bersangkutan bekerja sebagai petani, dan sempat dirawat di RSUP Dr. M. Djamil Padang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, Jumat (22/4/2020).

Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Sumbar sebanyak 438 orang, dengan rincian 135 orang dirawat di berbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri 38 orang, isolasi daerah 3 orang, Bapelkes 11 orang dan di BPSDM 59 orang, BPP Padang 11 orang.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.012 orang. Proses pemantauan 172 orang, dengan rincian karantina Pemda 27 orang dan 145 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 8.840 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 840 orang. 55 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 785 orang.

"Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik covid-19 segera berakhir," tutup Jasman. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]