Dosen UIN: Jika Kondisi Darurat, Salat Ied Boleh Dilakukan di Rumah


Sabtu, 23 Mei 2020 - 02:00:51 WIB
Dosen UIN: Jika Kondisi Darurat, Salat Ied Boleh Dilakukan di Rumah Dok tribunkaltim

 

HARIANHALUAN.COM -- Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Zulkarnaini, menjelaskan bila keadaan darurat maka boleh salat Ied dilakukan di rumah. Karena salat Ied hukumnya, sunat muakat, dan salat Ied tidak tergabung kedalam kotbah.

"Takbir yang biasanya, dilakukan keliling, maka cukup dilakukan di masjid. Takbir itu hanyalah tradisi yang ada di masyarakat kita," imbuh Zulkarnaini, kemarin.

Sementara itu, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Provinsi Sumbar, Syaifullah mengatakan, pelaksanaan salat Idul Fitri biasanya dilaksanakan di halaman kantor Gubernur tetapi karena kondosi covid-19 pihaknya tidak melaksanakannya. Kecuali ada kelurahan yang mendapat izin dari pemerintah daerah dimana mereka bisa menjamin tidak ada yang terpapar.

"Mari sama-sama kita menghimbau masyarakat untuk mengikuti edaran pemerintah melalui Kementerian Agama dan MUI. Mengikuti protokol kesehatan supaya jangan bertambah pasien yang positif," ujar Syaifullah.

Sebelumnya diberitakan,  Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar menghimbau kepada masyarakat, agar melaksanakan salat idul Fitri tahun 1441 Hijiriah, di rumah. Sebab nilai ibadahnya juga tak kalah penting mengingat mudharatnya lebih banyak dari manfaatnya.

"Berdasarkan surat edaran pada huruf F disebutkan, bila kepala daerah menjamin , bahwa daerah tersebut aman dari covid-19 dan masyarakatnya tidak terkena wabah covid-19, maka boleh dilakukan di lapangan atau masjid. Tetapi tetap melaksanakan protokoler kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumbar, H. Hendri. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 18:25:10 WIB

    Kasus Corona di Sumbar Terus Naik: Dosen, ASN, hingga OB Jadi Korban

    Kasus Corona di Sumbar Terus Naik: Dosen, ASN, hingga OB Jadi Korban Sejak kasus positif Corona atau Covid-19 diumumkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar pada 26 Maret 2020 lalu, jumlahnya terus mengalami kenaikan. Hingga hari ini Minggu (10/5/2020), tercatat ada 299 kasus positif, jum.
  • Rabu, 15 Mei 2019 - 13:03:54 WIB

    Puluhan Dosen dan Admin AKOM Sosialisasikan PBM

    Puluhan Dosen dan Admin AKOM Sosialisasikan PBM MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Puluhan Dosen dan Admin Akademi Komunitas Mentawai (AKOM) turun ke Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat guna mensosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru, kepada Siwa-siswi yang baru saja m.
  • Sabtu, 09 September 2017 - 01:05:47 WIB
    BANTU PETANI DI SUMBAR

    Dosen PNP Ciptakan Alat Pertanian Inovatif

    Dosen PNP Ciptakan Alat Pertanian Inovatif PADANG, HALUAN – Untuk memudahkan petani melubangi plastik mulsa yang digunakan dalam menanam sayuran, tim dosen dan mahasiswa Politkenik Negeri Padang (PNP) menciptakan alat untuk melubang mulsa. Penemuan alat ini diharapk.
  • Selasa, 06 September 2016 - 21:50:40 WIB
    LAUNCHING NDC UNAND

    85 Dosen Siap Menjadi Staf Ahli Nagari

    85 Dosen Siap Menjadi Staf Ahli Nagari "Kalau akademisi lain menjadi staf ahli lembaga negara nasional atau lembaga internasional, kami yang ingin percepatan biarlah menjadi staf ahli nagari di kampung halaman masing-masing,” ujar Eri..
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:51:47 WIB

    Muzni Meradang Terhadap Pernyataan Oknum Dosen

    Muzni Meradang Terhadap  Pernyataan Oknum Dosen SOLSEL, HALUAN — Bu­pati Solok Selatan (Solsel) Muzni Zakaria meradang atas pernyataan oknum dosen yang menilai Solsel Kabu­paten Tak Berjudul. Oknum dosen yang konon mengajar di kampus IAIN Imam Bon­jol Padang menyampai.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]