Motor Lelang Jokowi Akhirnya Jatuh ke Tangan Anak Hary Tanoe


Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:50:37 WIB
Motor Lelang Jokowi Akhirnya Jatuh ke Tangan Anak Hary Tanoe Motor Gesits Jokowi

HARIANHALUAN.COM -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) akhirnya mengumumkan pemenang baru lelang sepeda motor listrik Gesits milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konser Amal Berbagi Kasih Bersama Bimbo pada Minggu (17/5/2020). Pengumuman pemenang lelang dilakukan setelah sebelumnya Muhammad Nuh dari Jambi tak bisa bayar.

Pemenang lelang sepeda motor yang ditandatangani Presiden Jokowi itu adalah Warren Tanoesoedibjo, putra kolongmerat media Hary Tanoesoedibjo (HT) yang juga Ketua Umum Partai Perindo. Muhammad Nuh atau M. Nuh mundur dari pemenang lelang, setelah yang bersangkutan diketahui bukan pengusaha, melainkan hanya buruh harian lepas. 

M. Nuh pun minta perlindungan polisi takut ditagih pembayaran lelang tersebut. "Jadi hadiah motor listrik buatan anak negeri bertandatangan Presiden Jokowi ini akan kami berikan kepada Warren Tanoesoedibjo sebagai pemenangnya dengan nilai yang sama seperti tawaran lelang M Nuh yakni Rp2,55 miliar," kata Bamsoet saat jumpa pers di Graha BNPB Jakarta.

Warren dipilih sesuai dengan aturan lelang. Dia adalah penawar lelang sepeda motor Jokowi yang berada di urutan kedua setelah M. Nuh, pemenang lelang sebelumnya. Padahal berdasarkan catatan hasil lelang sebelumnya, Warren adalah pemenang urutan keempat dengan penawaran Rp1,55 miliar, bukan Rp2,55 miliar.

Harusnya pemenang lelang diberikan pemenang kedua pengusaha Manado, Gabriele Mowengkang yang menawar Rp2,5 miliar. Namun, pengumuman pemenang lelang ini mengakhiri polemik lelang sepeda motor listrik bertanda tangan Presiden Jokowi tuntas, yang sebelumnya sempat kena 'prank' oleh M Nuh.

"Sesuai dengan kesepakatan dan aturan lelang, maka penawar lelang yang berada di urutan kedua menjadi pemenangnya, jika pemenang lelang pertama gagal," tutur Bamsoet.

Warren sendiri adalah putra dari konglomerat media Hary Tanoesoedibjo (HT) yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Partai Perindo. Warren mengaku sangat senang karena bisa mendapatkan motor listrik bertandatangan Presiden Jokowi, sekaligus ikut berdonasi dalam membantu negara menangani pandemi Covid-19.

"Warren mengaku senang, karena dia sangat mengidolakan Pak Jokowi, jadi dia mengikuti lelang ini izin kepada saya dengan menggunakan tabungannya sendiri," kata HT mewakili Warren dalam sambutan kemenangan lelang.

Berdasarkan lelang dalam konser Amal Berbagi Kasih Bersama Bimbo pada Minggu (17/5/2020) yang dipandu Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua Umum Kadin Indonesia Roesan P Roeslani menghasilkan empat penawaran tertinggi, yakni: pemenang pertama Muhammad Nuh dari Jambi Rp2,550 miliar (mundur). 

Pemenang kedua adalah pengusaha Manado, Gabriele Mowegkang yang menawar Rp2,5 miliar. Pemenang ketiga mantan anggota DPR dari PDIP Maruarar Sirait Rp2,2 miliar. Pemenang keempat Warren Tanoesoedibjo Rp1,550 miliar. Namun, Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan, motor Gesits dilelang kembali dan ada penawaran baru.

Faktanya tidak ada proses ulang lelang, tapi bagian dari kompromi politik untuk mengakhiri polemik 'M Nuh' dengan menetapkan pemenang lelang tetap sebesar Rp2,55 miliar yang kemudian diamini oleh Warren Tanoesodibjo. Dimana, orang tuanya Hary Tanoesodibjo merupakan pendukung pasangan Joko Widodo-Maruf Amin dalam Pilpres 2019 lalu. Anak HT lainnya, Angela Tanoesodibjo duduk sebagai Wakil Menteri Ekonomi Kreatif. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]