Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini


Sabtu, 23 Mei 2020 - 10:20:37 WIB
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini Jemaah Naqsabandiyah di Surau Baru bersalaman usai salat Ied.

HARIANHALUAN.COM -- Jemaah Tarekat Naqsabandiyah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriyah pada hari ini Sabtu (23/5/2020). Sejak pagi, jemaah tampak sudah berdatangan ke Surau Baru, Jalan Dr. Moh Hatta, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. 

Mereka melaksanakan Salat Idul Fitri berjemaah dimulai pukul 07.30 WIB kemudian dilanjutkan mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh khatib. Bila umumnya sesudah melaksanakan salat Idul Fitri saling bersalam-salaman dan langsung pulang ke rumah, tidak halnya dengan jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang. 

Setelah saling memaafkan, jemaah Tarekat Naqsabandiyah justru makan bersama. Pantauan harianhaluan.com, jemaah duduk membentuk lingkaran di surau dan menyantap hidangan yang sudah disediakan seperti kopi, teh, gorengan dan makanan lainnya. 

Imam besar Surau Baru, Zahar, menuturkan perhitungan 1 Syawal jatuh pada hari ini berdasarkan hisab ruhyah dalil ijma' kiyas. "Berdasarkan hisab Tarekat Naqsabandiyah maka pelaksanaan Idul Fitri jatuh pada hari ini," katanya.

Puasa yang dilakukan jemaah tetap terhitung 30 hari pelaksanaan. Surau Baru yang berada di belakang Polsek Pauh ini tidak hanya memiliki jemaah dari Kota Padang, namun dari berbagai daerah luar Kota seperti Solok dan Kabupaten Pesisir Selatan. 

Dalam pelaksanaan salat, masih sama dengan tahun sebelumnya. Mengenai pelaksaan hisab ini secara detail, Buya Zahar tidak mau berkomentar lebih lanjut, karena dia menganggap tidak memiliki kepentingan dalam penjelasan tersebut. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 November 2017 - 02:17:50 WIB
    RESES DI MASJID NURUL IMAN AUR DURI

    Jemaah Minta Sarana Mobiler MDA

    Jemaah Minta Sarana Mobiler MDA PADANG, HALUAN--Jamaaah Mesjid Nurul Iman Aur Duri mengharapkan, sarana mobiler MDA berupa bangku dan meja..
  • Rabu, 04 November 2015 - 19:13:54 WIB

    Dua Jemaah Sumbar Belum Dibolehkan Pulang

    SEBULAN LEBIH DIRAWAT

    PADANG, HALUAN — Mes­­kipun kepulangan Ke­lom­pok Terbang (Kloter) terakhir jemaah haji Indo­nesia telah berakhir pada 24 Ok.

  • Senin, 28 September 2015 - 20:31:34 WIB

    Jemaah Haji Sumbar Pulang

    MULAI HARI INI

    PADANG, HALUAN — Se­te­lah melewati serangkaian prosesi i.

  • Jumat, 25 September 2015 - 19:04:40 WIB

    Jemaah Haji Sumbar Sudah Selesai Melontar Jumrah

    SAAT TRAGEDI MINA

    PADANG, HALUAN — Saat terjadi tragedi Mina yang merenggut nyawa 717 orang jemaah haji, Kamis (24/9) lalu, jemaah haji asal Sumbar sudah selesai melontar jumrah..

  • Senin, 15 Juni 2015 - 19:30:03 WIB

    Jemaah Naqsabandiyah Hari Ini Mulai Puasa

    PADANG, HALUAN — Seperti tahun-tahun se­belumnya, jemaah Tareqat Naqsabandiyah akan mengawali ibadah Ramadan lebih dahulu dibanding umat Islam lainnya. Setelah melakukan berbagai pendekatan keilmuan dal.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]