5 'Rahasia' Agar Tak Gagal Membuat Kue Kering Lebaran


Sabtu, 23 Mei 2020 - 12:13:56 WIB
5 'Rahasia' Agar Tak Gagal Membuat Kue Kering Lebaran Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Membuat kue kering adalah satu kegiatan yang identik dan ditunggu-tunggu jelang Lebaran. Meski tahun ini Lebaran mungkin tak dirayakan bersama keluarga besar karena anjuran untuk di rumah saja demi menekan laju kurva infeksi virus corona.

Namun ini tak berarti kalau Anda tak bisa melupakan tradisi membuat kue kering ini. Kue kering yang Anda buat masih jadi hantaran Lebaran demi penyambung silahturami yang tertunda di hari raya.

Ajak si kecil untuk membantu Anda membuat kue kering di rumah. Namun pastikan Anda tahu tips dan trik untuk membuat kue kering Lebaran agar tak gagal, renyah, dan rasanya enak.


Berikut tips dan trik anti gagal membuat kue kering, dikutip dari cnnindonesia.com

1. Mengaduk mentega dan gula
Biasanya mentega dan gula dikocok bersamaan di awal proses membuat kue kering. Namun hati-hati, baca dengan seksama petunjuk resep kue yang Anda buat.

Untuk menghasilkan kue kering yang renyah kocok kedua bahan ini hingga berwarna putih pucat. Pastikan adonan sudah benar-benar pucat (berwarna putih) dan gula larut. Dalam beberapa kasus, ada orang yang cenderung tak sabar mengocok sampai pucat. Seringkali demi mempercepat pembuatan kue, orang memasukkan bahan lain sebelum ia berwarna putih. Kue yang dihasilkan pun tak serenyah yang diharapkan.

Jangan juga terlalu over mix karena kue kering bakal lumer saat dipanggang. 


2. Gunakan mentega dingin

Mentega dingin akan membantu membuat kue kering Anda jadi lebih renyah. Sebaliknya, memakai mentega cair akan membuat kue jadi rapuh dan tak terlalu renyah.


4. Ayak tepung

Berapa banyak dari Anda yang masih mengayak tepung terigu sebelum dicampur ke adonan kue?

Perlu disadari, mengayak tepung adalah hal yang penting untuk kerenyahan tepung. Mungkin terlihat sudah halus namun kenyataannya ada beberapa gumpalan kecil di dalam tepung yang bisa merusak tekstur kue kering Anda.

Mengayak juga akan membuat tepung jadi lebih halus sehingga adonan rata dan renyah tapi lumer di mulut.


5. Jangan simpan kue kering di lemari es

Kue kering yang sudah jadi harus disimpan ke dalam toples kedap udara dan bukan di dalam lemari es.

Kue tidak akan renyah lagi karena ia menyerap kelembapan udara di dalam lemari es. Simpan di dalam toples kedap udara, jika perlu tambahkan silica gel.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 06:29:43 WIB

    5 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut saat Pakai Masker

    5 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut saat Pakai Masker HARIANHALUAN.COM -- Beberapa orang mungkin tidak menyadari jika mereka memiliki napas yang berbau kurang sedap. Namun semenjak pandemi Corona yang mengharuskan setiap orang menggunakan masker, bau mulut tersebut akan lebih mu.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:01:28 WIB

    Keren Abis, Ini 5 Aplikasi Bikin Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri

    Keren Abis, Ini 5 Aplikasi Bikin Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri HARIANHALUAN.COM -- MomenĀ Idul Fitri atau Lebaran biasanya dipakai untuk bertemu dengan sanak saudara dan keluarga. Namun di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, beberapa orang bisa jadi mengurungkan niatnya untuk bertemu de.
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 21:55:26 WIB

    5 Cara Membedakan Daging Babi dan Daging Sapi

    5 Cara Membedakan Daging Babi dan Daging Sapi Masyarakat dihebohkan dengan temuan daging babi yang dibuat menyerupai daging sapi. Hal itu dilakukan oleh empat pelaku di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang telah menjual dan mengedarkan sebanyak 63 ton daging palsu itu sel.
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 15:27:41 WIB

    Ingin Turun Berat Badan Sampai 45 Kilogram? Intip 3 Cara Diet Adele

    Ingin Turun Berat Badan Sampai 45 Kilogram? Intip 3 Cara Diet Adele dele menunjukkan perubahan drastis ketika ulang tahunnya yang ke-32. Dia muncul dengan mini dress body contour yang memperlihatkan bentuk tubuh langsing dan juga wajahnya yang tirus..
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 12:52:06 WIB

    Tak Hanya Corona, 5 Virus Ini Juga Ditemukan di Cairan Sperma

    Tak Hanya Corona, 5 Virus Ini Juga Ditemukan di Cairan Sperma Temuan terbaru menunjukkan bahwa SARS-CoV-2, jenis virus Corona penyebab COVID-19, ditemukan juga di cairan sperma. Sebelumnya, ada beberapa jenis virus yang juga ditemukan di cairan sperma. Salah satunya ebola..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]