Mendag: Pedagang yang Mainkan Harga Gula Akan Ditindak


Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:50:03 WIB
Mendag: Pedagang yang Mainkan Harga Gula Akan Ditindak Ilustrasi

TANGERANG SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mendatangi Pasar Modern BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (23/5/2020). Kedatangan Agus untuk mengetahui harga jual gula yang belakangan berbeda-beda.

Dia mengingatkan, bakal menindak oknum pedagang yang memainkan harga gula, terlebih di tengah pandemi Covid-19. 

"Saya ingatkan lagi, kami bersama Satgas Pangan akan segera menindak tegas segala penyimpangan dan mempermainkan harga gula di pasaran," kata Agus dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu. 

Agus menjelaskan, saat ini harga gula masih tinggi di beberapa pasar. Namun, harga mulai turun setelah adanya operasi pasar gula di berbagai pasar, termasuk Pasar Modern BSD. 

"Saat ini harga rata-rata gula secara nasional telah mengalami penurunan sebesar 10,38 persen dibandingkan dengan bulan lalu sehingga menjadi Rp 16.000 per kilogram,” ucapnya. 

Kemendag melakukan operasi pasar gula dengan harga jual Rp 12.500 per kilogram. Operasi pasar dilakukan untuk menekan harga gula yang melonjak menjelang Lebaran. Sebanyak 36.500 ton gula digelontorkan ke pasar. 

Saat ini, Kemendag juga berkoordinasi dengan produsen hingga distributor dengan harapan harga gula di pasaran kembali normal.

"Kami buat kesepakatan dengan produsen agar jual seharga Rp 11.200 per kilo. Harapan kami distributor akan menjual ke pengecer akhir paling tinggi adalah Rp 12.000 per kilo. Saya berharap dengan operasi pasar ini, harga gula kembali normal," ujar Mendag. 

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengakui, masih banyak pedagang yang menjual gula di atas harga eceran. 

"Sebelum ada operasi pasar tadi saya cek ada harga gula pasir dari mulai Rp 18.500 sampai Rp 20.000. Tapi karena ada intervensi dari pak menteri dengan operasi pasar ini jadi Rp 12,500," ujar Airin. 

Menurut Airin, operasi pasar gula dapat membantu warga Tangerang Selatan untuk membeli dengan murah menjelang Lebaran. 

"Ini dapat membantu masyarakat mana kala mau Lebaran," katanya. (*)

 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]