Polisi Intai WNA Pemilik Sabu 821 Kg Sejak Tahun Lalu


Sabtu, 23 Mei 2020 - 15:52:25 WIB
Polisi Intai WNA Pemilik Sabu 821 Kg Sejak Tahun Lalu Polisi memperlihatkan barang bukti sabu.

SERANG, HARIANHALUAN.COM - Kabareskrim Mabes Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan pengintaaian pemilik 821 kilo sabu dari Iran telah diintai sejak Desember tahun lalu. Kedua pelaku yang ditangkap, BA dan AS, merupakan jaringan pengedar sabu Timur Tengah.

"Pengungkapan diawali penyelidikan Desember lalu. Satgas mengamankan kapal dilakukan swab ABK positif namun tidak ditemukan narkotika," kata Listyo di Serang, Sabtu (23/5/2020).

Lalu, pada Januari 2020, waktu Polda Metro Jaya mengungkap sabu 288 kilogram di Pagedangan, Kabupaten Tangerang dan akan dikirim ke Jakarta. Sabu disimpan di dalam boks dan waktu itu tiga orang ditembak.

Tidak berhenti di situ, jaringan Iran, kata Listyo, rupanya akan mengirim kembali sabu ke Indonesia. Tim bergerak mengintai dan mendapatkan target yang beroperasi di Jakarta.

Dari situ, pada dua minggu lalu, ada informasi bahwa ada barang yang dikirim melalui perairan selatan Banten, tepatnya di Tanjung Lesung. Kemudian, pada Jumat (22/5) malam, pukul 18.30 WIB, dua pelaku ditangkap polisi di Taktakan, Kota Serang.

"Sehingga tadi malam saat target yaitu 2 orang sedang mencoba memindahkan sabu-sabu ke dalam kotak yg sudah dipersiapkan. Anggota melakukan penyergapan. Jadi mereka mencoba menyamarkan mencampur sabu dengan asem kranji," ujar Listyo.

Di lokasi gudang itu ada sabu yang dibungkus wadah plastik seberat total 491 kg, plastik putih pening 147 kg, plastik dibungkus plastik lakban 93 kg, dibungkus plastik lakban cokelat 90 kg dan plastik ketengan 0,1 kg. Sabu seberat 821 kg ini diperkirakan senilai Rp 500 miliar atau setengah triliun rupiah.

Saat ini polisi masih melakukan pengembangan termasuk jika ada warga lokal yang membantu pengiriman barang haram ini. "Saat ini kita lanjutkan untuk diamankan. Masih ada pengembangan," kata Listyo.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]