Pesan KPAI ke Orang Tua: Ajari Anak Silaturahmi Daring, Jangan Lebaran ke Tempat Lain


Sabtu, 23 Mei 2020 - 18:08:53 WIB
Pesan KPAI ke Orang Tua: Ajari Anak Silaturahmi Daring, Jangan Lebaran ke Tempat Lain  Foto Ketua KPAI Susanto: Dok. Istimewa

HARIANHALUAN.COM -- KPAI meminta agar anak-anak merayakan Idul Fitri 1441 H di rumah saja untuk menghindari resiko tertular COVID-19. Sebab lebaran kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana saat ini masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar, pertama tetap merayakan Idul Fitri di rumah untuk menghindari resiko kesehatan bagi anak dan keluarga," kata Ketua KPAI Susanto, dikutip dari detik.com, Sabtu (23/5/2020).

Kedua, KPAI juga meminta agar orang tua membantu anak melakukan silaturahmi via daring, bukan berkunjung atau bertamu ke tempat lain. Hal tersebut semata-mata untuk melindungi anak dari kerentanan terpapar COVID-19.

"Jaga kesehatan, selalu rayakan lebaran dengan kegembiraan yang bermakna, meski dalam situasi COVID-19 saat ini," ujar Susanto.

KPAI mengajak masyarakat kembali ke fitrah pada momentum lebaran ini dengan menghindari hujatan kebencian agar anak-anak tidak meniru. Serta mengajarkan anak-anak berfikir positif, berkata dan bertindak positif.

"Menghadapi situasi sulit saat ini, kekompakan sebagai sesama anak bangsa sangat diperlukan agar pandemi COVID-19 segera berakhir," ujarnya.

Sebelumnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melakukan upaya deteksi kasus COVID-19 pada anak secara mandiri, hingga tanggal 18 Mei terdapat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3.324 anak, 129 anak berstatus PDP meninggal, 584 anak terkonfirmasi positif COVID-19, dan 14 anak meninggal akibat COVID-19. Temuan tersebut menunjukkan bahwa tidak benar anak tidak rentan terhadap COVID-19.

"Temuan ini menunjukkan bahwa angka kesakitan dan kematian anak akibat COVID-19 di Indonesia tinggi, dan membuktikan bahwa tidak benar kelompok usia anak tidak rentan terhadap COVID-19 atau hanya akan menderita sakit ringan saja," kata Ketua Umum IDAI, Aman B Pulungan, dalam keterangan resminya di website IDAI, Sabtu (23/5). (*)

loading...
 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]