Keren Abis, Ini 5 Aplikasi Bikin Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri


Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:01:28 WIB
Keren Abis, Ini 5 Aplikasi Bikin Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri Ist

HARIANHALUAN.COM -- Momen Idul Fitri atau Lebaran biasanya dipakai untuk bertemu dengan sanak saudara dan keluarga. Namun di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, beberapa orang bisa jadi mengurungkan niatnya untuk bertemu dengan kerabat.

Meski demikian, mereka tetap bisa memanfaatkan smartphone masing-masing untuk bersilaturahmi, membuat, serta mengirimkan kartu ucapan Idul Fitri.

Nah, ada enam aplikasi gratis yang bisa dipakai untuk membuat kartu ucapan lebaran dengan mudah.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (23/5/2020), beragam kartu ucapan yang tersedia di sejumlah aplikasi ini pun bisa dibagikan ke kerabat atau saudara melalui ke beberapa aplikasi chatting dan sosial media populer, seperti Whatsapp, Telegram, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Lantas, apa saja aplikasinya? Yuk, simak daftar berikut.

1. Canva

Aplikasi edit foto populer Canva bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan hari raya.

Bahkan, aplikasi tersebut menyediakan menu khusus "Eid Al-Fitr Card" untuk menyortir segala desain kartu ucapan lebaran yang bisa dipilih pengguna.

Untuk memakai aplikasi ini, pengguna harus masuk (login) menggunakan akun Facebook atau Google terlebih dahulu. Setelah itu, mereka baru bisa mengakses menu kartu ucapan Idul Fitri tadi.

Adapun aplikasi Canva bisa diunduh di tautan berikut (Android) atau berikut (iOS).

2. Muslim Cards Pro: Eid & Ramadhan 2020

Selain Canva, aplikasi Muslim Cards Pro juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kartu ucapan Idul Fitri secara cuma-cuma.

Menariknya, pengguna tak perlu masuk menggunakan akun Facebook atau Google seperti Canva. Artinya, mereka bisa langsung membuat kartu ucapan lebaran dengan desain yang tersedia di aplikasi ini.

Aplikasi Muslim Cards Pro hanya tersedia untuk versi Android dan bisa diunduh di halaman berikut.

3. Pinterest

Pinterest merupakan aplikasi galeri online yang memungkinkan pengguna menemukan beragam gambar, termasuk kartu ucapan lebaran.

Seperti Canva, pengguna perlu masuk dengan akun Google atau Facebook sebelum menggunakan aplikasi ini.

Setelah itu, pengguna bisa mencari gambar yang diinginkan berdasarkan kata kunci (keyword), misalnya "ucapan lebaran". Lalu, mereka bisa memilih gambar yang diinginkan, mengunduhnya, serta membagikannya ke kerabat.

Aplikasi Pinterest sendiri bisa didapatkan di sini (Android) dan di sini (iOS).

4. Freepik.com

Tidak seperti Canva, Muslim Cards Pro, dan Pinterest, Freepik.com merupakan sebuah situs kumpulan gambar online yang bisa diakses secara gratis. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu memasang Freepik di ponsel mereka.

Di situs ini, ada sejumlah kartu ucapan selamat hari raya yang bisa digunakan secara gratis. Untuk mencarinya, pengguna cukup memasukan keyword terkait lebaran, misalnya "Idul Fitri".

Lalu, pengguna bisa menyimpan gambar yang telah dipilih di memori internal ponsel dengan mengklik tombol "Download". Baru setelah itu mereka bisa membagikan gambar yang telah disimpan ke kerabat melalui aplikasi lain.

5. WhatsApp

Tak ingin repot mengedit kartu ucapan lebaran di Canva atau Muslim Cards Pro? Jangan khawatir, pengguna bisa mencari beragam gambar animasi (GIF) bernuansa Idul Fitri langsung dari aplikasi WhatsApp.

Untuk mengirim aneka gambar GIF ini, pengguna cukup pergi ke jendela percakapan dan klik ikon "GIF" yang terletak di antara ikon "emoticon" dan "stiker".

Kemudian, masukkan kata kunci yang berhubungan dengan Idul Fitri dengan mengklik ikon "kaca pembesar" di pojok kiri bawah. Setelah itu, pengguna bisa memilih dan mengirim gambar yang mereka inginkan dari hasil pencarian.

Perlu diingat kembali bahwa seluruh kartu ucapan lebaran yang ditemukan lewat fitur GIF ini tidak bisa diedit. Artinya, pengguna sepertinya harus mencari gambar yang sesuai serta memasukkan kata-kata ucapan lebaran secara terpisah di jendela percakapan (chat). (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 17:42:33 WIB

    Keren...! Usulan Menko PMK: Orang Kaya Harus Nikahi yang Miskin

    Keren...!  Usulan Menko PMK: Orang Kaya Harus Nikahi yang Miskin JAKARTA,HARIANHALUAN.COM – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengusulkan kepada Menteri Agama Fachrul Razi agar membuat fatwa terkait pernikahan antarstrata ekonomi. .
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 23:50:13 WIB

    Keren..,Bisnis Layanan Pesan-Antar Makan Mulai Tumbuh di Pasaman

    Keren..,Bisnis Layanan Pesan-Antar Makan Mulai Tumbuh di Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bisnis Layanan Pesan-Antar Alamat yang biasanya dilakoni para pelaku UMKM  kuliner di daerah kawasan perkotaan, mulai tumbuh dan merambah kawasan Kabupaten Pasaman, salah satunya seperti yang dila.
  • Sabtu, 21 Desember 2019 - 23:43:15 WIB

    Keren!  Dharmasraya Resmi Punya Traditional Food Street 

    Keren!  Dharmasraya Resmi Punya Traditional Food Street  DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Satu lagi pusat jajan di ibukota Kabuten Dharmasraya diresmikan, Sabtu malam.  Menggunakan salah satu jalur jalan Simpang Kantor Bupati, pusat jajanan yang diberi nama Traditional Food Street itu.
  • Kamis, 12 Desember 2019 - 17:24:31 WIB

    Keren..! Lyonica Ventira  Satu-satunya Camat Perempuan di Pessel

    Keren..! Lyonica Ventira  Satu-satunya Camat Perempuan di Pessel PAINAN,HARIAN HALUAN.COM-  Camat Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kini dijabat oleh  Lyonica Ventira. Lyonica merupakan salah satu camat perempuan di kabupaten Pesisir Selatan. Sebelumnya  ia menjabat se.
  • Ahad, 24 November 2019 - 14:17:48 WIB

    Keren..!! SMKN 2 Pulau Punjung Terbaik di Lomba Make Up Bed Perhotelan

    Keren..!! SMKN 2 Pulau Punjung Terbaik di Lomba Make Up Bed Perhotelan DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - SMKN 2 Pulau Punjung dulang prestasi terbaik dalam lomba Make Up Bed Perhotelan yang diselenggarakan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, Sabtu (22/11). SMKN 2 Pulau Punjung ini berhasil men.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]