Masya Allah! Inilah Amalan Kebaikan di Malam Takbiran dengan Sejuta Pahala


Sabtu, 23 Mei 2020 - 21:15:33 WIB
Masya Allah! Inilah Amalan Kebaikan di Malam Takbiran dengan Sejuta Pahala Ilustrasi (Foto: Ist)

HARIANHALUAN.COM -- Menyambut hari kemenangan, Idul Fitri, seluruh umat Islam sejatinya memperbanyak amalan kebaikan. Hal ini disarankan agar kita semua menutup bulan penuh ampunan ini dengan keberkahan diri.

Jika selama ini kita hanya tahu bahwa amalan baik yang bisa dikerjakan malam sebelum sholat Idul Fitri adalah takbiran, ternyata ada amalan lain yang tak kalah besar manfaatnya.

Meski begitu, takbiran jangan pernah dilewatkan, ya, meski di rumah saja. Ustadz Mahfud Said menjelaskan, melakukan takbiran itu sangat dianjurkan Imam Syafi'i.

"Karena ada ayat dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 185," terangnya dikutip dari Okezone, Sabtu (23/4/2020).

Adapun bunyi ayatnya yaitu:

"...Dan hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepada kalian supaya kalian bersyukur." (QS. Al Baqarah: 185).

"Dengan begitu, artinya sebagai umat beriman disarankan untuk menyempurnakan puasa sampai tampak hilal dan bertakbir atau mengagungkan Allah SWT sebagai wujud syukur," terang Ustadz Mahfud.

Dia melanjutkan, amalan lain yang bisa dikerjakan malam hari sebelum sholat id adalah melakukan ibadah sebanyak-banyaknya, termasuk di dalamnya ialah qiyamul lail sepanjang malam. "Terutama sepertiga malam," singkatnya.

Dalam qiyamul lail tersebut, selain memperbanyak sholat sunah, umat muslim juga bisa menambahkan dzikir dengan takbir, tahmid, tasbih, dan tahlil. Ini dilakukan sebagai bentuk cinta dan syukur kita sebagai Mulsim atas berkah yang Allah berikan.

Ada hadits yang memperkuat imbauan agar setiap muslim menjalankan qiyamul lail di sepertiga malam:

"Siapa saja yang qiyamul lail pada dua malam id (Idul Fitri dan Idul Adha) karena Allah demi mengharap ridho-Nya, maka hatinya tidak akan mati pada hari di mana hati manusia menjadi mati," (HR. As-Syafi’i dan Ibnu Majah). (*)

 Sumber : Okezone /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]