Ombudsman Sumbar Imbau Masyarakat Patuhi MUI Soal Salat Ied


Ahad, 24 Mei 2020 - 08:18:45 WIB
Ombudsman Sumbar Imbau Masyarakat Patuhi MUI Soal Salat Ied Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ombudsman perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menghimbau masyarakat patuhi MUI dan Pemerintah Daerah, tentang larangan Salat Idhul Fitri 1441 Hijriyah secara berjamaah. 

"Kita akan laksanakan salat hari raya Idhul Fitri 1441 H, kami himbau masyarakat tetap patuh pada kebijakan pembatasan sosial, terutama dalam pelaksanaan salat hari raya" kata Yefri Heriani, Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Sabtu (23/5/2020) malam.

Yefri merasakan adanya kekecewaan masyarakat terhadap longgarnya pembatasan sosial di beberapa fasilitas publik, seperti pasar, terminal dan pusat-pusat berbelanjaan. Namun hal tersebut, bukan alasan untuk melonggarkan pembatasan sosial di masjid. 

"Kita perlu apresiasi, kesungguhan masjid dan mushalla dalam menerapkan pembatasan sosial selama ini," katanya.

Ombudsman menilai, malah lebih efektif apabila pembatasan ini di lanjutkan, karena terus terang ia khawatir 14 hari kedepan masa inkubasi virus terjadi. "Apa yang terjadi sekarang, hasilnya bisa dilihat dalam 14 hari kedepan," tambahnya.

Kalau masjid dan mushalla tetap konsisten, tentu hasil baik, meminimalisir penyebaran dan pemutusan rantai Covid-19. Kendati demikian, secara keseluruhan PSBB tidak akan membuahkan hasil jika diberbagai fasilitas publik justru banyak dilanggar atau dilonggarkan. 

"Ini tugas pemerintah, untuk memastikan semua komponen ikut meminimalisir potensi penularan," tutup Yefri.(*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]