Ribuan Karyawan di Pabrik Sepatu Nike Dihantam PHK


Ahad, 24 Mei 2020 - 13:17:22 WIB
Ribuan Karyawan di Pabrik Sepatu Nike Dihantam PHK ilustrasi pabrik Nike

HARIANHALUAN.COM -- Pabrik sepatu yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karena dampak penyebaran virus Corona (Covid-19). Menurut data Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, PHK ini dilakukan terhadap 4.985 karyawan.

Informasi PHK tersebut beredar di media sosial lewat akun Twitter @AboutTNG. Dalam akun tersebut tertera cuitan yang dilampirkan foto menunjukkan aksi dan ekspresi karyawan usai kena PHK. Berikut cuitannya:

"Karyawan PT Victory Chingluh Indonesia yang terletak di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang melakukan kelulusan pabrik angkatan Covid-19," tulis akun tersebut dan sudah disukai oleh 716 warganet, serta di cuit ulang sebanyak 466 kali.

Pihak Pemkab Tangerang pun membenarkan terjadi PHK di pabrik sepatu yang memproduksi merek dunia, salah satunya Nike. "Iya betul ada (PHK), pihak perusahaan sudah menyampaikan ke kami datanya. PT Victory Chingluh Indonesia, 4.985 (karyawan) PHK dampak Covid-19," ungkap Kasi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang Hendra.

Menurut Hendra, data jumlah karyawan yang kena PHK sudah diterima dari pihak perusahaan sejak Selasa (19/5/2020). "Jumlah itu yang disampaikan oleh pihak perusahaan ke kami tanggal 19 Mei 2020," imbuh dia.

Hendra mengatakan, sebelum melakukan PHK perusahaan tersebut sudah menginformasikannya terlebih dahulu kepada Pemda. Selain itu, menurut Hendra perusahaan sudah menaati ketentuan PHK karyawan. 

"Pada waktu pertemuan oleh Kepala Dinas sudah disampaikan agar mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dari info yang disampaikan kepada kami (pesangon) dibayarkan, dan gaji sampai bulan Mei masih dibayarkan," jelas Hendra.

Ia menambahkan produsen sepatu Nike itu sudah meminta bantuan Disnaker agar karyawan yang kena PHK bisa diarahkan mengikuti program Kartu Pra Kerja. "Mereka minta dibantu untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja," tuturnya.

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 19:46:46 WIB

    Waduh! KFC Tutup Ratusan Gerai, Ribuan Karyawan Dirumahkan

    Waduh! KFC Tutup Ratusan Gerai, Ribuan Karyawan Dirumahkan HARIANHALUAN.COM -- Pandemi Covid-19 membuat 115 gerai KFC tutup sementara. Berkaitan dengan itu, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) selaku pemegang merek makanan cepat saji itu merumahkan 4.988 karyawannya..
  • Kamis, 16 April 2020 - 17:45:17 WIB

    XL Axiata Perpanjang Gratis Data 2GB per Hari Hingga Salurkan Ribuan Hazmat

    XL Axiata Perpanjang Gratis Data 2GB per Hari Hingga Salurkan Ribuan Hazmat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melanjutkan keikutsertaan dalam gotong royong mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Selain memperpanjang berlakunya program gratis akses data 2GB/hari, XL Ax.
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 10:59:30 WIB

    WhatsApp Hapus Ribuan Pengguna di Kashmir, Kenapa?

    WhatsApp Hapus Ribuan Pengguna di Kashmir, Kenapa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Para pengguna WhatsApp di Kashmir tak bisa lagi menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut, kabarnya jumlahnya mencapai puluhan ribu. Mereka ditendang dari WhatsApp karena lama tidak aktif..
  • Ahad, 03 November 2019 - 14:58:29 WIB

    Hari Listrik Nasional, Ribuan Pegawai PLN UIW Sumbar Ikuti Green Fun Walk

    Hari Listrik Nasional, Ribuan Pegawai PLN UIW Sumbar Ikuti Green Fun Walk PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ribuan pegawai PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar mengikuti green fun walk sebagai puncak dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-74, Minggu (3/11)..
  • Sabtu, 21 Juli 2018 - 14:36:00 WIB

    Ribuan Pekerja Demo, Tolak Pertamina Jual Aset

    Ribuan Pekerja Demo, Tolak Pertamina Jual Aset JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Merebaknya wacana PT Pertamina jual aset direspons Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu dengan menggelar demonstrasi besar-besaran dengan nama "Aksi Bela Pertamina" di depan Gedung Kementerian .

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]