Update Covid-19 di Sumbar di Hari Lebaran: 35 Warga Positif dan 5 Sembuh, Ini Sebarannya


Ahad, 24 Mei 2020 - 20:30:25 WIB
Update Covid-19 di Sumbar di Hari Lebaran: 35 Warga Positif dan 5 Sembuh, Ini Sebarannya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Berita mengejutkan sempat menghantam Sumatera Barat (Sumbar) pada momen lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, pasalnya di hari nan fitri ini, Sumbar menerima kabar sebanyak 35 warganya dilaporkan positif virus Corona atau Covid-19. Di samping itu, pasien yang terinfeksi di Sumbar umumnya merupakan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG), sehingga penyebaran penularan Covid-19 semakin massive dan tidak terkontrol.

"Kepada maayarakat diharapkan untuk tetap mematuhi protap penanganan Covid-19 dengan cara jaga jarak, pakai masker, hindari kerumunan, rajin cuci tangan, berolahraga dan lainnya," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, Minggu (24/5/2020).

Di samping itu, kabar baik juga diterima oleh Sumbar, sebagaimana telah dilaporkan sebanyak lima orang tambahan pasien positif dinyatakan sembuh, sehingga sampai hari ini total warga sembuh berjumlah 180 orang.

Kelima pasien tersebut, di antaranya, Pria 18 th, warga Sitiuang Kabupaten Dharmasraya, status pelajar, terinfeksi karena sebagai Santi Temboro, pulang dari Jawa Timur tanggal 18 April 2020 lalu, merupakan pasien RSUD Sungai Dareh. Wanita 29 th, warga Pagambiran, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena hasil tracing kontak di wilayah kerja Puskesmas, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Kemudian, Wanita 49 th, warga X Koto Diateh Kabupaten Solok, status IRT, diduga terpapar dari rumah sakit, pasien Dinas Kesehatan Kabupaten Solok. Wanita 63 th, warga Pisang Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RS. Unand, dan Pria 65 th, warga Pisang Kota Padang, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RS. Unand.

Dengan demikian total yang telah dinyatakan sembuh sampai Minggu 24 Mei 2020 adalah 180 orang, positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 478 orang, dengan rincian 119 orang dirawat di berbagai rumah sakit, isolasi mandiri 72 orang, isolasi daerah 4 orang, Bapelkes 9 orang, BPSDM 59 orang, BPP Padang 11 orang, dan meninggal dunia 24 orang.(*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]