Joinerri Kahar, Sosok Sang Ayah di Balik Suksesnya Audy Joinaldy


Ahad, 24 Mei 2020 - 22:44:19 WIB
Joinerri Kahar, Sosok Sang Ayah di Balik Suksesnya Audy Joinaldy Pengusaha muda asal Minang, Dr (cand). Ir Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng (tengah) diapit Ayah kandungnya, Joinerri Kahar, serta Ibu-nya Desmilia. Ist

LllllHARIANHALUAN.COM -- Dorongan keluarga begitu kencang dirasakan Pengusaha muda asal Minang Dr (cand). Ir Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng, dalam Pilkada Sumbar 2020. Atas hadirnya dorongan tersebut membuat Audy termotivasi membangun Ranah Minang semakin maju lagi. Apalagi, jelang pesta demokrasi ini, sejumlah nama pun mulai ramai diperbincangkan di kalangan masyarakat, satu di antaranya Audy.

Selain dorongan orang tua, Audy Joinaldy yang merupakan Owner Perkasa Group ini juga diminta oleh berbagai elemen masyarakat untuk turut berkompetisi dalam perebutan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020. Dia digadang-gadangkan disandingkan dengan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, dan sudah mendapatkan restu dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Beberapa bulan terakhir, Chairman of Perkasa dan Lintas Agro Group ini yang dikenal dengan jargonnya #MilenialManang tersebut rutin membantu masyarakat terdampak virus Corona atau Covid-19. Ini sekaligus memohon doa restu untuk maju dalam perhelatan Pilkada Sumbar. Bahkan hal itu disambut antusias oleh masyarakat.

Audy merupakan orang Minang tulen, dikabarkan Ayah pria kelahiran 16 Mei 1983 itu berasal dari Parak Karambia, Kota Padang, dan Ibu-nya merupakan orang Solok. Pria kelahidan Jakarta ini dibesarkan di tengah-tengah keluarga yang taat agama dan pekerja keras.

Menurut Ayah kandung Audy, Joinerri Kahar yang juga menjabat sebagai Ketua Koperasi Saudagar Minang Raya, orang Minang itu hebat. Oleh karena itu, Joinerri Kahar menaruh harapan besar kepada masyarakat Minang untuk menjadi pemimpin di kampung halaman.

"Jadi mengapa tidak di orang-orang Minang didorong pulang kampung untuk membangun kampung halaman. Inilah yang membuat Audy dan keluarganya semakin bersemangat pulang kampung untuk maju di Pilkada," beber Joinerri Kahar, Minggu (24/5/2020).

Meski Joinerri Kahar tak lulus di Intsitut Pertanian Bogor (IPB), namun dirinya ingin Audy tetap sukses di dunia pendidikan. Atas restu itulah Audy berhasil menuntaskan pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Peternakan di IPB pada 2005 silam. Tak sampai di situ, Audy pun melanjutkan studi ke Wageningen University, Belanda, mengambil jurusan Food Quality Manajemen/Animal Nutrition, lulus tahun 2007.

"Audy SD-SMA di Al Azhar Jakarta. Meski saya tidak sampai menamatkan kuliah karena dia memulai usaha dari nol smpei sukses mngembangkan usaha sekarang. Karena tidak sampai tamat, saya selalu berpesan kepada Audy sejak kecil terus mengingatkan anak-anaknya bahwasanya pendidikan itu sebegitu penting," papar Joinerri Kahar.

Pada 2012, Audy mendapatkan gelar Magister Manajemen (M.M) setelah lulus dari Universitas Hasanuddin, Makassar. Audy juga telah menyelesaikan pendidikan Insyinyur Profesional di Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada, dan memperoleh gelar Ir/IPM.

"Setelah tamat IPB, Audy melanjutkan pendidikan di Belanda. Balik dari Belanda, Audy bekerja dari nol di perusahaan asing (Thailand) di bidang pertanian). Karir Audy sukses di perusahaan Thailand sampai setingkat General Manajer," cerita Joinerri Kahar.

Karir Audy pun terus melejit, pasalnya Audy juga dikenal sebagai pengusaha di wilayah timur Indonesia, seperti Papua dan Makassar. Audy yang memiliki keahlian di bidang pertanian, pertambangan dan manajemen bisnis ini menjabat sebagai Chairman of Perkasa dan Lintas Agro Group.

Audy juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Makassar Agro Nusa sejak 2012. Lalu, sejak 2013, juga ada beberapa perusahaan yang dipimpinnya, seperti, Komisaris Utama di PT Sinar Terang Madani, Komisaris Utama PT Mega Satwa Perkasa, Direktur Utama PT Lintas Agro Niaga, Direktur Keuangan PT Berau Usaha Mandiri, Komisaris Utama PT AA Perkasa Bersaudara.

Sejak 2016, Audy juga dipercayai sebagai Komisaris PT Benindo Perkasa Utama. Beberapa jabatan itu, hingga saat ini masih dipegang Audy.

Menurut Joiherri Kahar, kesuksesan Audy saat ini tidak terlepas peran dari istrinya, Desmilia dalam mendidik anak. Dia bercerita bahwa kecerdasan dan keuletan Audy itu sudah terlihat sejak dia kecil. Audy, di mata Joi Kahar, dari kecil memiliki pribadi yang baik, rajin sekolah dan berprestasi.

"Saya dan istri saya ingin anak kami itu pendidikannya berhasil, alhamdulillah Audy bersama dua saudaranya bisa suskses dalam pendidikan. Anak ini rajin sekali sekolah, belajar terus. Dia sekolah apa pun lulusnya cumlaude," kenang pria yang memiliki perusahaan di bidang pertambangan dan perkebunan itu. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]