Ingat! Dosa Ghibah Lebih Berat dari Dosa Zina 30 Kali


Senin, 25 Mei 2020 - 16:54:59 WIB
Ingat! Dosa Ghibah Lebih Berat dari Dosa Zina 30 Kali Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Ghibah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah membicarakan keburukan atau aib orang lain. Di dalam agama Islam disampaikan bahwa ghibah termasuk perbuatan dosa besar.

Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menyampaikan, bahwa dosa mengumpat atau ghibah lebih berat daripada dosa tiga puluh kali berzina, sebagaimana yang sampaikan dalam hadist. Ghibah adalah membicarakan apa saja keburukan seseorang, jika orang yang sedang dibicarakan keburukannya mendengar tentu akan marah.

Orang yang membicarakan keburukan orang lain akan dianggap sebagai orang zalim. Meski keburukan yang dibicarakan itu benar adanya.

Menurut Imam Al Ghazali, seharusnya firman Allah SWT dalam Surah Al-Hujurat Ayat 12 sudah cukup bagi orang-orang supaya tidak melakukan ghibah.

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan (ghibah) satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik daripadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang." (QS Al-Hujurat: 12).

Imam Al Ghazali mengatakan, orang yang melakukan ghibah, Allah SWT sebut sama dengan orang yang memakan bangkai. Maka hindarilah penyakit ghibah. Orang-orang yang berpikir pasti tidak akan mau melakukan ghibah.

Dikatakan Imam Al Ghazali, lihatlah diri sendiri, bukankah diri sendiri juga pernah berbuat maksiat secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan. Kalau diri sendiri menyadari punya banyak kekurangan sehingga melakukan maksiat, maka orang lain juga pasti sama memiliki kekurangan sehingga berbuat maksiat. Orang lain tidak suka keburukannya dibicarakan, seperti halnya kita tidak ingin keburukan kita dibicarakan. (*)

 Sumber : Republika /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 11:51:50 WIB

    Ingat! Mulai 5 Juni, Ini Aturan yang Wajib Ditaati PNS di Masa 'New Normal'

    Ingat! Mulai 5 Juni, Ini Aturan yang Wajib Ditaati PNS di Masa 'New Normal' HARIANHALUAN.COM - Pemerintah akan segera menerapkan tatanan new normal atau normal baru untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai 5 Juni 2020. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.
  • Kamis, 07 Mei 2020 - 11:52:56 WIB

    Ingat! Garuda Indonesia Jangan Beri Ruang Bagi Pemudik

    Ingat! Garuda Indonesia Jangan Beri Ruang Bagi Pemudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan kembali beroperasi mulai pada hari ini, Kamis (7/5/2020). Layanan tersebut akan dioperasikan mengacu pada ketentuan kriteria masyarakat yang dapat mengak.
  • Senin, 27 April 2020 - 04:48:38 WIB

    Ingat! Setelah Gaji ke-13 Ditunda, ASN Juga Bakal Kena Hukuman Kalau Mudik

    Ingat! Setelah Gaji ke-13 Ditunda, ASN Juga Bakal Kena Hukuman Kalau Mudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan Surat Edaran (SE) No.11/SE/IV/2020 yang berisi tentang pedoman penjatuhan hukum disiplin bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nekat mudik. SE ini .
  • Senin, 06 April 2020 - 10:02:11 WIB

    Ingat! Sekarang Semua Warga Diwajibkan Pakai Masker

    Ingat! Sekarang Semua Warga Diwajibkan Pakai Masker JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini menganjurkan semua warga memakai masker jika harus keluar dari rumah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masker untuk warga disiapkan..
  • Ahad, 05 April 2020 - 18:12:43 WIB

    Ingat! Mulai Hari Ini Semua Harus Pakai Masker

    Ingat! Mulai Hari Ini Semua Harus Pakai Masker JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengikuti rekomendasi organisasi kesehatan dunia WHO, Pemerintah Indonesia menganjurkan penggunaan masker meski tidak sedang sakit. Masker kain lebih disarankan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]