Banyak Warga Salat Ied di Masjid Adalah Imbas Pemerintah Tak Tegas


Senin, 25 Mei 2020 - 18:49:28 WIB
Banyak Warga Salat Ied di Masjid Adalah Imbas Pemerintah Tak Tegas Salat Ied berjamaah.

HARIANHALUAN.COM -- Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menilai, banyaknya masyarakat yang tetap melaksanakan salat Idul Fitri berjemaah di masjid maupun lapangan adalah imbas dari tidak tegasnya pemerintah dalam menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Masyarakat merasa pemerintah tidak konsisten dalam menerapkan aturan lantaran pasar dan berbagai tempat lainnya yang memicu kerumunan tetap diperbolehkan beroperasi tanpa protokol kesehatan yang ketat. Banyak warga tetap memadati masjid dan lapangan untuk melaksanakan salat Idulfitri 2020 meskipun telah ada larangan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Ada ketidakkonsistenan pemerintah. Pemerintah berupaya melarang dan menegakkan kedisiplinan PSBB bagi warga dalam urusan ibadah. Sementara, di pasar-pasar aturan itu dilonggarkan. Wajar jika masyarakat buat keputusan sendiri," kata Saleh, Minggu (24/5/2020).

Ketidakpatuhan warga terhadap aturan maupun imbauan adalah cermin melemahnya wibawa pemerintah. Hal itu adalah imbas dari pemerintah yang tidak tegas dalam menerapkan aturan. Masyarakat merasa bahwa jemaah masjid lebih mudah diatur untuk menerapkan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19. Hal itu berbeda dengan warga yang memadati pasar dan tempat-tempat lainnya yang cenderung susah diatur. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]