Pengunjung Pantai Air Manis Ramai, Pedagang Mengeluh Tak Ada yang Beli


Senin, 25 Mei 2020 - 21:54:55 WIB
Pengunjung Pantai Air Manis Ramai, Pedagang Mengeluh Tak Ada yang Beli Suasana sepi di salah warung pedagang yang ada di Pantai Air Manis Padang.

HARIANHALUAN.COM -- Meskipun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir 29 Mei mendatang, namun sejumlah objek wisata di Kota Padang mulai ramai pengunjung. Salah satu objek wisata yang sudah ramai pengunjung yaitu Pantai Air Manis yang terletak di Kecamatan Padang Selatan.

Padahal, sebelumnya dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Padang telah menutup seluruh akses destinasi wisata yang ada di daerah ini. Seorang pedagang makanan dan minuman, Siska (40) kepada harianhaluan.com mengatakan, dirinya tetap berjualan meski objek wisata ditutup. 

Keramaian objek wisata Pantai Air Manis bisa dilewati pintu masuk yang dikelola masyarakat menuju Batu Malin Kundang. Meskipun pengujung sudah ramai berdatangan ketika hari kedua lebaran, namun belum berdampak pada usaha yang digeluti Siska. "Saya sudah hampir tiga tahun lebih berjualan disini, anak saya yang memiliki usaha ini dan saya hanya menjalankan," katanya, Senin (25/5/2020) sore.

Lanjut Siska, dilihat dari tahun sebelumnya, biasanya saat lebaran pendapatannya naik drastis dari hari biasa mencapai satu juta perharinya, namun karena pandemi Covid-19 ia mengeluh pendapatannya menurun sampai 50 persen meskipun pengunjung pantai telah ramai. "Sekarang jauh menurun, Rp100 ribu saja tidak sampai per harinya," katanya.

Siska berharap virus Covid-19 cepat berlalu dan aktivitas kembali lancar seperti semula sehingga perekonomian segera membaik. Sebenarnya Siska memiliki ketertakutan sendiri dalam berjualan di Pantai Air Manis, apalagi suasana sekarang mulai ramai, namun ia bingung jika tidak berjualan bagaimana menutupi kebutuhan ekonomi keluarga, salah satu cara antisipasi yang ia lakukan adalah dengan memakai masker.

"Pakai masker itu harus, kita tidak tahu siapa yang berbelanja, apakah ia terpapar atau tidak," tukas Siska. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]