Anda Sedang Hamil? Hati-hati, Jangan-jangan Hamil Kosong


Selasa, 26 Mei 2020 - 08:09:57 WIB
Anda Sedang Hamil? Hati-hati, Jangan-jangan Hamil Kosong Ilustrasi

HARIANHALAN.COM - Kehamilan tak selamanya jadi kabar baik bagi pasutri baru. Ada satu kondisi kehamilan yang mungkin tak akan terduga, yakni hamil kosong.

Hamil kosong bisa terjadi pada semua ibu hamil yang menyisakan kekecewaan. Hamil kosong terjadi saat sel telur telah menempel pada dinding rahim, namun embrio tidak berkembang menjadi janin. Kasus semacam ini di Indonesia mencapai 150.000 kehamilan per tahun.

Wanita yang mengalami hamil kosong mungkin akan bingung sekaligus kecewa. Sebab, tanda-tanda hamil pada trimester pertama mulai dari morning sickness, terlambat menstruasi, serta payudara membesar tetap dirasakan. Bahkan, plasenta telah terbentuk dan hormon kehamilan ikut muncul.

Dikutip American Pregnancy, Sabtu (13/7/2019), hamil kosong terjadi karena terjadi abnormalitas kromoson pada fetus si ibu. Hal ini secara alami menyebabkan kehamilan tidak berlanjut. Abnormalitas kromoson ini seperti pembelahan sel yang aneh atau kualitas sperma dan sel telur yang rendah.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya si ibu tidak terlalu menyalahkan diri. Sebab, hamil kosong tidak bisa dicegah, alias terjadi secara alami. Lantas, apa saja tanda hamil kosong? Simak ulasan yang dihimpun dari SehatQ berikut:

Hasil tes kehamilan positif

Hamil kosong bisa saja terjadi meski hasil tes kehamilan positif. Hasil tersebut dipengaruhi hormon kehamilan yang tetap dari plasenta meski embrionya tidak ada.

Nyeri payudara

Nyeri payudara juga menjadi salah satu tanda hamil kosong. Banyak orang mengira nyeri payudara adalah suatu hal yang normal. Padahal, nyeri payudara tidak selalu menjadi tanda dari kondisi kehamilan yang sehat.

Telat menstruasi

Terlambat menstruasi memang menjadi salah satu tanda kehamilan. Apalagi jika hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif. Namun, kenyataannya tidak selalu demikian. Bisa saja yang terjadi adalah hamil kosong yang memang sulit dideteksi.

Mual dan muntah

Mual dan muntah menjadi tanda paling umum dari kehamilan, termasuk hamil kosong. Seorang wanita bisa saja merasa mual dan terus muntah-muntah tanpa sebab. Tapi, ternyata kondisi ini bukan hanya tanda kehamilan yang sehat, melainkan juga hamil kosong.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 09:32:55 WIB

    Hati-hati, Sesak Napas Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung

    Hati-hati, Sesak Napas Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung HARIANHALUAN.COM - Ayah Ivan Gunawan, Bambang Cahyo Gunawan dilaporkan meninggal dunia akibat serangan jantung pada Minggu (12/7/2020) pukul 17.00 WIB di Rumah Sakit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan. Sebelum meninggal dunia.
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 19:53:26 WIB

    WHO: Total Kasus Positif Telah Berlipat Ganda, Penyebaran Virus Corona Tidak Terkendali

    WHO: Total Kasus Positif Telah Berlipat Ganda, Penyebaran Virus Corona Tidak Terkendali HARIANHALUAN.COM - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO),  Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan total kasus positif Covid-19 di dunia telah berlipat ganda selama enam pekan terakhir. .
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 12:09:22 WIB

    Kenali Tanda-tanda Tubuh Kurang Makan Sayuran

    Kenali Tanda-tanda Tubuh Kurang Makan Sayuran HARIANHALUAN.COM - Tak semua orang senang dengan sayuran, bahkan beberapa mesti dipaksa untuk bisa memakannya. Rasa sayuran dikenal hambar atau tak memiliki rasa, atau bahkan kadang pahit. Tapi kandungan seratnya dibutuhkan t.
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 07:34:12 WIB

    14 Tanda Tidak Subur pada Pria dan Wanita

    14 Tanda Tidak Subur pada Pria dan Wanita HARIANHALUAN.COM – Infertilitas ditentukan oleh periode waktu untuk mengetahui apakah Anda bisa hamil. Jika Anda telah mencoba, namun tidak berhasil selama enam bulan hingga satu tahun, dokter Anda mungkin menyatakan Anda.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 07:42:05 WIB

    Hey Bumil, Jika Anda Alami Gelaja Ini Tandanya Harus Segera ke Dokter

    Hey Bumil, Jika Anda Alami Gelaja Ini Tandanya Harus Segera ke Dokter HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 berdampak timbulnya rasa khawatir memeriksakan diri ke rumah sakit. Termasuk ibu hamil yang harus kontrol kesehatan dan janinnya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]