Soal PAM Masih Ramai Dikunjungi Wisatawan, Dinas Pariwisata Padang Lempar Bola ke Perangkat Desa


Selasa, 26 Mei 2020 - 12:43:12 WIB
Soal PAM Masih Ramai Dikunjungi Wisatawan, Dinas Pariwisata Padang Lempar Bola ke Perangkat Desa Pos jaga di pintu masuk atau gerbang Pantai Air Manis.

HARIANHALUAN.COM -- Meski sudah ditutup sejak 20 Maret lalu, nyatanya objek wisata Pantai Air Manis (PAM) Kota Padang masih ramai di kunjungi oleh wisatawan usai lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Pantauan Harianhaluan.com, Senin (25/5/2020) sore. Akses masuk pintu utama atau gerbang wisatawan memang ditutup, namun kenyataannya para pengunjung masih bisa dengan bebas masuk pada area yang dikelola oleh masyarakat setempat pada jalur masuk menuju Batu Malin Kundang.

Koordinator Lapangan Dinas Pariwisata Kota Padang, Khairul mengatakan bahwa sebelumnya penutupan akses Pantai Air Manis di dampingi oleh beberapa tim pengamanan seperti Pomade, Pomal, Polisi, Babinsa hingga Bhabinkamtibmas. Penutupan ini bertujuan agar para pengunjung tidak melalukan liburan atau rekreasi di daerah pantai demi memutus rantai pandemi Covid-19 yang tengah mewabah di Sumbar.

"Dalam pengamanan ini dibantu oleh SK4, jadi bagi wisatawan yang datang baik mobil atau motor tidak boleh masuk jalur utama atau gerbang Pantai Air Manis Padang," katanya.

Namun disinggung mengenai akses masuk Pantai Air Manis yang dikelola oleh masyarakat, Khairul menjelaskan, bahwa akses masuk tersebut merupakan milik pribadi atau di kelola langsung oleh masyarakat setempat.

Penutupan atau pelarangan objek wisata milik pribadi merupakan tanggung jawab pemerintah terkait seperti camat, lurah, atau perangkat desa lainnya. "Jika ingin ditindaklanjuti oleh perangkat nagari maka nantinya harus mengikuti alur dan proses ke polsek setempat," tambahnya.

Terkait hal ini, Dinas Pariwisata sudah menyurati institusi yang bersangkutan, namun sampai sekarang belum ada tindaklanjutannya. Keluhan pemuka masyarakat untuk menutup akses simpang empat menuju Pantai Air Manis tergantung kepada pemuka masyarakat itu sendiri untuk mengusulkan ke Camat kemudian di proses sebagaimana alur yang telah ada.

Pos jaga di pintu masuk atau gerbang Pantai Air Manis demi menghindari pengunjung yang masuk, dimulai pukul 07.30 WIB Sampai 18.00 WIB malam, pada malam hari nantinya dilanjutkan satpam yang bertugas. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]