Pasien PDP Asal Agam yang Meninggal di RSAM Bukittinggi Dimakamkan Sesuai Prosedur Covid-19


Selasa, 26 Mei 2020 - 13:03:08 WIB
Pasien PDP Asal Agam yang Meninggal di RSAM Bukittinggi Dimakamkan Sesuai Prosedur Covid-19 Pemakaman prosedur Covid-19. Ist

HARIANHALUAN.COM -- Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam meninggal dunia di Ruang Rawat Isolasi Covid-19 Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi.

Hasil swab test PDP yang meninggal Senin pagi itu belum diterima pihak keluarga dari laboratorium medis, sementara prosesi pemakaman jenazah dilakukan dengan penanganan protokol kesehatan Covid-19, dengan personil memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Dikutip dari Agam Media Center, Selasa (26/5/2020), hal itu dibenarkan oleh Camat Canduang, Fauzi sewaktu dikonfirmasi Senin siang. Fauzi menjelaskan bahwa PDP yang meninggal merupakan seorang laki-laki berinisial A (30) warga asal Jorong Gobah, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang Kabupaten Agam.

A masuk ruang rawat isolasi Covid-19 RSAM Bukittinggi pada Minggu,(24/5/2020) sekitar pukul 19.30 WIB malam.

Sesuai informasi yang dihimpun pihaknya, almarhum masuk IGD Covid-19 RSAM Bukittinggi, karena ada gejala klinis meningitis tubercolosis dan demam tinggi, pasien langsung ditempatkan ke kamar rawatan isolasi Covid-19.

Ditegaskan Fauzi, pihaknya belum bisa menginformasikan, bahwa PDP itu meninggal karena Covid-19 atau penyakit lain, karena sedang menunggu hasil swab test dari laboratorium, “ kita masih menunggu hasil pemeriksaan labor, “ jelasnya.

Warganya yang meninggal dunia tersebut dimakamkan sesuai protokol Covid-19. Almarhum A sudah satu setengah bulan berada di kampung, sebelumnya di Jakarta. Dari keterangan keluarganya, almarhum memiliki riwayat penyakit TBC dan selama di kampung sebelum meninggal, almarhum rutin berobat ke Puskesmas Lasi.

”Minggu malam almarhum mendadak mengalami sesak nafas dan langsung dilarikan ke RSAM Bukittinggi,” jelas Fauzi.

Pemakaman almarhum sendiri mendapat pemantauan dari aparat terkait kecamatan, seluruh personil yang terlibat dalam prosesi pemakaman menggunakan APD lengkap. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Oktober 2020 - 18:00:49 WIB

    Bertambah Lagi, Dua Pasien Covid-19 di Pasaman Meninggal

    Bertambah Lagi, Dua Pasien Covid-19 di Pasaman Meninggal HARIANHALUAN.COM - Jumlah kematian karena positif Covid-19 kembali bertambah di Kabupaten Pasaman. Kali ini dua orang pasien RSUD Lubuksikaping dilaporkan meninggal akibat positif terinfeksi covid-19 dalam dua hari terakhir. .
  • Ahad, 04 Oktober 2020 - 20:19:14 WIB

    Hari Ini, Pasien Covid-19 di Pessel Bertambah 15 Orang

    Hari Ini, Pasien Covid-19 di Pessel Bertambah 15 Orang HARIANHALUAN.COM - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan bertambah lagi sebanyak  15 orang. "Dengan demikian, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 292 orang di Kabupaten Pesi.
  • Kamis, 10 September 2020 - 18:54:28 WIB

    Pemkab Pessel Serahkan Bantuan untuk Pasien Covid-19

    Pemkab Pessel Serahkan Bantuan untuk Pasien Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat menyerahkan bantuan berupa, makanan dan vitamin ke pasien positif Covid-19 yang menjalan.
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 09:31:33 WIB

    Lima Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pessel Dinyatakan Sembuh

    Lima Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pessel Dinyatakan Sembuh HARIANHALUAN.COM - Lima orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan dinyatakan sembuh. Sehingga jumlah pasien yang dinyatakan sembuh menjadi 28 orang..
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 20:09:42 WIB

    Sempat Layani Pasien Positif Covid-19, RSUD Achmad Darwis Ditutup

    Sempat Layani Pasien Positif Covid-19, RSUD Achmad Darwis Ditutup HARIANHALUAN.COM - Sekitar 27 orang petugas RSUD Achmad Darwis sempat kontak langsung dengan salah seorang pasien yang terpapar Covid-19. Dampak dari itu, akhirnya rumah sakit terbesar di Limapuluh Kota tersebut terpaksa dit.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]