Sambut New Normal, Siapkan Juga Dana Darurat


Selasa, 26 Mei 2020 - 15:04:43 WIB
Sambut New Normal, Siapkan Juga Dana Darurat Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menyebut masyarakat sudah harus siap memasuki tatanan kehidupan baru atau new normal untuk menjalankan roda perekonomian. Namun harus tetap dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Lalu bagaimana caranya mengatur keuangan dengan skema new normal ini?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho menjelaskan meskipun nantinya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilonggarkan atau dihapus namun selama virus Corona belum hilang ada hal yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan.

Menurut Andy masyarakat juga harus selalu mencadangkan dana darurat. "Ini karena ketidakpastian masih sangat tinggi, makanya dibutuhkan dana darurat," kata Andy saat dihubungi detikcom, Selasa (26/5/2020).

Dia mengungkapkan bentuk dana darurat ini selain dalam bentuk uang tunai juga dapat berupa pembayaran iuran asuransi kesehatan atau minimal BPJS Kesehatan.

"Untuk dana darurat ini menjadi sangat penting dan urgent statusnya saat ini. Idealnya kita mengalokasikan 10% dari total penghasilan," jelas dia.

Selain itu menurut dia, untuk kebutuhan belanja juga harus memprioritaskan belanja makanan yang sehat dan asupan suplemen agar imunitas tetap terjaga. Misalnya belanja peralatan kesehatan seperti masker kain dan juga hand sanitizer.

Kemudian saat ini masih banyak anak yang belajar dari rumah, sehingga para orang tua juga harus mengalokasikan biaya untuk internet yang lebih besar untuk penunjang belajar.

"Alokasi untuk makanan sehat, suplemen makanan, kebutuhan penunjang kesehatan serta internet perkiraan dan cicilan kredit bisa mencapai 60% dari penghasilan," jelas dia. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 11:09:46 WIB

    Sambut Bos Bukalapak, Harga Saham Telkom Melesat 9%

    Sambut Bos Bukalapak, Harga Saham Telkom Melesat 9% HARIANHALUAN.COM - Harga saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) bergerak positif pagi ini, Jumat (19/6/2020). Investor tampaknya antusias dengan hasil yang akan diumumkan dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUSPT) .
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 15:52:10 WIB

    Sambut New Normal, Pemerintah Siapkan SOP Bisnis Pariwisata

    Sambut New Normal, Pemerintah Siapkan SOP Bisnis Pariwisata HARIANHALUAN.COM - Pemerintah tengah menyiapkan protokol untuk sektor pariwisata kembali beroperasi. Persiapan itu termasuk dalam salah satu penerapan tatanan kehidupan normal baru atau new normal..
  • Senin, 20 April 2020 - 12:49:36 WIB

    Sambut Ramadhan, PLN UIW Sumbar Bagi 5555 Paket Kebahagiaan

    Sambut Ramadhan, PLN UIW Sumbar Bagi 5555 Paket Kebahagiaan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka menyambut Ramadhan 1441 H, PLN UIW Sumbar melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) menyalurkan 5555 paket kebahagiaan kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 di wilayah Sumatera Barat.
  • Senin, 20 Januari 2020 - 14:32:20 WIB

    Seminar Produk Bio Nerve Disambut Antusias Peserta

    Seminar Produk Bio Nerve Disambut Antusias  Peserta PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM--PT. Bio Nerve Indonesia Berjaya adakan acara seminar Produk Bio Nervee untuk memperkenalkan produk kapsul ajaib kepada masyarakat Pasaman Barat yang bertempat di Gedung Latifa, Jarul 32, Ming.
  • Rabu, 26 Juni 2019 - 19:20:34 WIB

    Gelar MSF, PLN UIW Sumbar Siap Bersinergi Sambut Investasi

    Gelar MSF, PLN UIW Sumbar Siap Bersinergi Sambut Investasi PADANG,HARIANHALUAN.COM- PLN UIW Sumbar menggelar Multi Stakeholder Forum (MSF) dengan tema "Urusan listrik? PLN saja" bertempat di Hotel Mercure, Rabu (26/6)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]