Makanan Bersantan Jangan Dipanaskan Lagi, Ini Bahayanya


Selasa, 26 Mei 2020 - 15:40:20 WIB
Makanan Bersantan Jangan Dipanaskan Lagi, Ini Bahayanya Rendang. Foto: U-Report

HARIANHALUAN.COM -- Makanan bersantan menjadi menu yang identik di saat Lebaran. Namun, meski nikmat, makanan ini juga memiliki efek yang kurang baik bagi tubuh.

Dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, dr Marya W Haryono, SpGK, MGizi, menjelaskan bahwa santan didominasi kandungan lemak yang bila melalui proses seperti pemasakan bisa mengganggu tubuh. Ketika dikonsumsi, santan bisa membentuk kolesterol dan lemak jahat di dalam tubuh.

Selain itu, ada kebiasaan di masyarakat untuk memanaskan kembali makanan bersantan saat akan disantap. Kebiasaan ini pun juga tidak baik.

Menurut Marya, makanan yang dipanaskan lama kelamaan kandungan nutrisinya akan menurun.

"Misalnya rendang yang dipanaskan sekitar 85-95 derajat dan bisa mencapai tujuh jama, kandungan nutrisinya jadi beda dari awal. Yang tercerna kadar proteinnya turun mencapai 75-80 persen," kata Marya, dikutip dari Viva.co.id, Selasa (26/5/2020).

Selain itu, kadar lemak dalam santan jika dimasak dalam jangka waktu yang lama akan semakin naik 6-7 kali lipat. Sifat lemaknya pun akan berubah menjadi lebih jenuh.

Marya menambahkan, meski santan adalah bahan makanan alami yang juga mengandung protein, sayangnya kandungannya jauh lebih sedikit. Santan lebih dominan mengandung lemak, apalagi jika ditambah dengan bahan makanan lain saat dimasak lemak akan semakin bertambah banyak.

"Konsumsi lemak jenuh ada batasan tujuh persen dari kebutuhan sehari. Kalau santan dalam satu kemasan itu sudah melebihi dari kebutuhan sehari, bisa lebih dari 100 persen. Karena itu harus dibatasi," ujar Marya. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 18:24:18 WIB

    Jarang Dikonsumsi, 7 Makanan Ini Ternyata Termasuk Superfood, Lho

    Jarang Dikonsumsi, 7 Makanan Ini Ternyata Termasuk Superfood, Lho HARIANHALUAN.COM - Selama ini, kita mengenal superfood sebagai makanan kaya antioksidan yang didominasi oleh sayuran berdaun gelap dan buah-buahan jenis beri. Tapi ternyata masih ada banyak superfood lain yang ada di sekitar .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 09:28:30 WIB

    5 Makanan Ini Bisa Atasi Masalah Rambut Rontok

    5 Makanan Ini Bisa Atasi Masalah Rambut Rontok HARIANHALUAN.COM - Tak hanya wanita, beberapa pria juga mengalami masalah rambut rontok. Masalah rambut rontok juga tidak bisa disepelekan. Karena jika terlalu lama bisa memicu kebotakan..
  • Senin, 06 Juli 2020 - 21:06:19 WIB

    4 Makanan Ini Berbahaya Jika Tak Dimasak dengan Benar

    4 Makanan Ini Berbahaya Jika Tak Dimasak dengan Benar HARIANHALUAN.COM - Di tengah pandemi Covid-19, kita harus memakan makanan yang sehat untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun makanan sehat pun harus dimasak dengan baik dan benar agar tak membahayakan..
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:09:26 WIB

    5 Makanan Sehat untuk Pesepeda

    5 Makanan Sehat untuk Pesepeda HARIANHALUAN.COM - Belakangan ini olahraga bersepeda tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Sebelum gowes, ketahui dulu makanan sehat untuk pesepeda sebagai bekal energi..
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:27:33 WIB

    Jangan Kalap, Makanan Ini Bikin Lemak Numpuk di Hati

    Jangan Kalap, Makanan Ini Bikin Lemak Numpuk di Hati HARIANHALUAN.COM – Organ hati memiliki fungsi penting untuk membuang racun di tubuh. Namun, hal tersebut bisa terhambat jika organ hati mengalami gangguan termasuk lemak yang menumpuk atau perlemakan hati..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]