90% BUMN Terdampak COVID-19, Erick: Kita Siapkan Langkah Untuk Perkuat BUMN


Selasa, 26 Mei 2020 - 15:48:16 WIB
90% BUMN Terdampak COVID-19, Erick: Kita Siapkan Langkah Untuk Perkuat BUMN Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus Corona atau COVID-19 memberi dampak pada dunia usaha, termasuk BUMN. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, sebanyak 90% terdampak Corona.

"Saya rasa 90% BUMN terkena COVID-19 hanya 10% yang tidak rentan COVID," kata Erick dalam sebuah webinar, Selasa (26/5/2020).

Dia menuturkan, sektor yang masih bertahan dari Corona antara lain telekomunikasi, farmasi, dan perkebunan yang berhubungan dengan makanan.

"Salah satunya tentu di industri telekomunikasi, lainnya industri farmasi, lalu perkebunan yang berhubungan makanan," ujarnya.

Sebab itu, Erick menuturkan, sejumlah langkah dilakukan untuk memperkuat BUMN. Erick menyebut, salah satu yang ditempuh ialah membentuk kluster BUMN.

"Makanya tadi menyiapkan roadmap ketahanan energi, pangan, kesehatan supaya semuanya ini kluster-kluster yang ada di BUMN tidak jumlahnya sebanyak hari ini ada 27. Nanti klusternya ada 12 dan masing kluster ada supply chainnya," jelasnya.

"Farmasi dengan rumah sakit menjadi satu kluster, semen dengan karya-karya akan menjadi kluster supaya apa, supply chain-nya karena ke depan ditantang dalam 3 hal setelah COVID (yakni) teknologi, logistik dan tentu namanya bagaimana bisa berdikari sendiri mempertahankan supply chainnya," sambungnya. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Juni 2020 - 19:12:44 WIB

    Apindo: Kita Butuh Suntikan Modal Kerja Rp 990 T

    Apindo: Kita Butuh Suntikan Modal Kerja Rp 990 T HARIANHALUAN.COM - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyebutkan dunia usaha membutuhkan bantuan stimulus yang cukup besar untuk membantu pemulihan ekonomi nasional (PEN). Ketua umum Apindo Hariyadi Sukamdani menjelaskan .
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 21:46:37 WIB

    Bisnis Money Changer di Padang Anjlok Hingga 90 Persen

    Bisnis Money Changer di Padang Anjlok Hingga 90 Persen HarianHaluan.com - Sejak Pandemi Covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat. Kota Bingkuang ini, tak lagi ramai dikunjungi wisatawan. Imbasnya, semua bisnis pariwisata di Sumbar menjadi l.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 06:23:45 WIB

    Iuran Jamsostek Bakal Dipotong hingga 90%, Ini Rinciannya

    Iuran Jamsostek Bakal Dipotong hingga 90%, Ini Rinciannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) akan memangkas iuran hingga 90 persen. Langkah ini diambil untuk melaksanakan pesan pemerintah memberikan relaksasi bagi masyarakat di tengah pandemi Corona (Covi.
  • Senin, 27 April 2020 - 10:31:42 WIB

    Alamak! Pendapatan Damri Merosot 90% karena Larangan Mudik

    Alamak! Pendapatan Damri Merosot 90% karena Larangan Mudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Perum Damri memproyeksikan penurunan pendapatan hingga 90% di tengah pandemi Covid-19. Ditambah lagi, perusahaan resmi menghentikan operasional bus Bandara Soekarno-Hatta mulai 24 April 2020 hing.
  • Kamis, 02 April 2020 - 23:42:31 WIB

    Begini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi

    Begini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga ber.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]