84 Warga Sikalang di Tes Swab Usai 1 Warga Dinyatakan Positif Covid-19


Selasa, 26 Mei 2020 - 16:04:20 WIB
84 Warga Sikalang di Tes Swab Usai 1 Warga Dinyatakan Positif Covid-19 Walikota dan Forkopimda saat meninjau pos perbatasan Desa Sikalang, Selasa (26/5). Humas

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 84 warga Desa Sikalang Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto akan dilakukan tes swab. Hal itu dilakukan sebagai langkah pelacakan kasus postif corona yang didapat setelah salah seorang warganya dinyatakan posotif corona usai melakukan tes swab masal beberapa waktu lalu. Selain itu Desa Sikalang sendiri juga memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selektif.

"Akses keluar masuk masih bisa, tetapi harus jelas tujuannya, termasuk warga Sikalang yang ingin keluar, untuk menekan resiko penyebaran covid-19 ," ujar Kades Sikalang Edi Narwin Daulay.

Untuk ketersediaan pangan, sebutnya, pihaknya masih memperbolehkan pedagang bahan makanan untuk berdagang di pos perbatasan denhan memtuhi protokol covid-19.

"Khusus pedagang bahan makanan kita kasih toleransi. Pedagang yang membawa bahan pangan itu kita stop di pos perbatasan ini. Berdagangnya di sini, nanti masyarakat kita datang untuk membeli. Tentunya kita awasi mereka aktifitas jual beli sesuai protokol Covid-19. Sementara untuk masyarakat yang bekerja di luar Desa, ada yang kita berikan surat keterangan agar bisa sementara ini meliburkan diri di rumah saja. Ada juga yang jika kepala perusahaan atau kantornya bisa menjamin dan menjemput ke perbatasan maka kita toleransi," tuturnya.

Walikota Sawahlunto Deri Asta sangat mengapresiasi langkah dan juga upaya yang dilakukan oleh pemdes dan juga masyarakat Sikalang. Kebijakan yang dilakukan sebutnya bisa menentukan menentukan keberhasilan dalam melacak dan juga memutus mata rantai penyebaran covid-19.

"Dukungan dan juga antisipasi yang dilakukan, sangat menentukan dalam memutus mata rantai penyebaran covid. Kita apresiasi kesadaran dan kepedulian yang dilakukan dalam menerapkan PSBB selektif," katanya saat meninjau pos perbatasan Desa Sikalang, Selasa 26 Mei 2020. Peninjauan ini dilakukan Walikota guna mendengar laporan langsung dari Kepala Desa dan melihat situasi di perbatasan Desa itu.

Sementara, seluruh masyarakat yang pernah mengalami kontak terutama kontak fisik dengan 1 warga Desa Sikalang yang positif Covid - 19 tersebut akan menjalani SWAB test dilokasi karantina di BDTBT.

"Kita kembali melakukan SWAB test, kali ini khusus menyasar pada masyarakat yang pernah kontak dengan 2 orang yang pada pemeriksaan SWAB test massal kemaren terdeteksi positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Sawahlunto, Yasril. (*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 09:27:07 WIB

    5.784 Persil Tanah di Pesisir Selatan Belum Bersertifikat

    5.784 Persil Tanah di Pesisir Selatan Belum Bersertifikat HARIANHALUAN.COM -- KPK meminta semua pemangku-kepentingan saling membangun sinergi dan kerja sama yang solid. Pasalnya, KPK juga menemukan permasalahan utama dalam inventarisasi dan sertifikasi aset tanah di daerah adalah k.
  • Senin, 20 Januari 2020 - 13:17:51 WIB

    Wali Kota Pariaman Serahkan 84 Sertifikat Tanah

    Wali Kota Pariaman Serahkan 84 Sertifikat Tanah PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Munzifa, tersenyum sumringah ketika menerima sertifikat tanah miliknya yang diserahkan Walikota Pariaman di aula Balai Kota, Senin (20/1). "Saya senang, karena tanah yang dimiliki makin kuat keku.
  • Rabu, 28 November 2018 - 13:10:38 WIB

    284 Labai Kota Pariaman Dilatih Penyelenggaraan Jenazah

    284 Labai Kota Pariaman Dilatih Penyelenggaraan Jenazah KOTA PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Tingkatkan kemampuan pelaksanaan Fardhu Kifayah untuk jenazah, 284 orang Labai dan Ubiyah dari 71 desa/kelurahan se-Kota Pariaman dilatih untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan kualitas dala.
  • Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:30:58 WIB

    84 Pelajar Sawahlunto Lulus PTN

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Hasil Se­leksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016, terdapat 184 lulusan SLTA Sa­wahlunto yang lulus di berbagai PTN di Indo.
  • Selasa, 08 Maret 2016 - 03:09:33 WIB

    384 Siswa Madrasah Ikuti KSM Tingkat Kab. Solok

    AROSUKA, HALUAN — Sebanyak 384 siswa yang berasal dari tingkat Ibtidaiyah, Tsa­nawiyah dan aliyah di Kabupaten Solok mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Solok yang digelar oleh Kemenag Kab. Solok ya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]