Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4


Selasa, 26 Mei 2020 - 16:10:03 WIB
Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Foto: Katadata

HARIANHALUAN.COM -- Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 yang sebelumnya mengalami penundaan dari jadwal awal, hari ini, Selasa (26/5/2020) mulai dibuka, seperti yang diungkapkan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Prakerja Denni Puspa Purbasari.

"Jadi gelombang 4 akan dibuka pada tanggal 26 (Mei), begitu setelah Lebaran langsung dibuka. Setelah Lebaran, masih kenyang makan ketupat, bisa mainkan handphone-nya untuk daftar Kartu Prakerja," ujarnya dalam sebuah diskusi daring, dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Selasa (26/5/2020).

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 saat ini masih tetap dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Pendaftaran dibuka setiap pekan, dari Senin pukul 08.00 WIB hingga Kamis pukul 16.00 WIB.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4

Seperti pada gelombang sebelumnya, pemerintah memberlakukan syarat dan tata cara untuk mendapatkan Kartu Prakerja. Mengutip laman resmi prakerja.go.id, beberapa syarat mengikuti program Kartu Prakerja antara lain, calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Peserta diharuskan membuka situs pendaftaran dan memasukkan data diri untuk diverifikasi. Setelah lolos verifikasi data, calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan matematika dasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. 

Setelah itu akan ada pengumuman peserta yang diterima mengikuti program Kartu Prakerja. Bagi peserta yang lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra Kartu Prakerja.

Tersedia hingga 900 pelatihan dari 8 platform digital seperti Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar yang bisa bebas dipilih peserta.

Peserta kemudian mengikuti pelatihan daring sesuai pilihan, usai merampungkan pelatihan setiap peserta akan diberikan sertifikat elektronik dan lembar survei terkait program pelatihan yang diikuti dan akan mendapat insentif sebesar Rp150 ribu.

Peserta juga akan menerima insentif pasca penuntasan pelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan dalam bentuk non tunai melalui rekening bank atau melalui Gopay, LinkAja, dan OVO.

Baca juga: Internet Tercepat di Dunia Berhasil Diuji Coba, Tembus 44,2 Tbps!

Hingga akhir tahun nanti, pemerintah menargetkan 5,6 juta peserta bisa menerima menfaat dari Kartu Prakerja dari total 30 gelombang pendaftaran, dengan anggaran sebesar Rp 20 triliun. Dari anggaran tersebut, setiap peserta mendapat insentif totalnya sebesar Rp 3.550.000.

Menurut Denni, program Kartu Prakerja saat ini memprioritaskan pendaftar yang diusulkan oleh kementerian lembaga (K/L), dimana mereka adalah para pekerja yang terkena dampak langsung dari pandemi virus corona ( COVID-19).

"Mereka yang tercatat di- PHK, dirumahkan, yang bekerja di sektor pariwisata dan industri. Ini kan datanya sudah diberikan ke kami, ternyata belum banyak (data yang masuk) dan yang daftar Kartu Prakerja. Jadi dengan perpanjangan ini, harapannya kita bisa melengkapi data yang ada di sistem," ujar dia. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]