Jual Batu Merah Delima Palsu, Dua Warga Harau Ditangkap Polisi


Rabu, 27 Mei 2020 - 07:23:37 WIB
Jual Batu Merah Delima Palsu, Dua Warga Harau Ditangkap Polisi Dua orang warga Harau ditangkap polisi karena melakukan aksi penipuan.

HARIANHALUAN.COM -- Dua orang tersangka penipuan dengan modus menjual batu merah delima palsu yang sering beraksi di wilayah Payakumbuh dan sekitarnya, akhirnya berakhir di tangan petugas Satreskrim Polres Payakumbuh. Kedua orang tersangka yakni, Dede Mulyadi alias Ngulu (33), warga Nagari Sarilamak dan dan Gusma Yodi alias Doyok (40), warga Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengungkapkan, kedua tersangka ditangkap petugas di sekitar kediamannya pada Selasa (27/5/2020) beserta barang bukti berupa sebuah batu merah delima palsu, sebuah kendi kecil tempat penyimpanan batu merah delima, satu unit motor dan dua unit HP.

Dikatakan Kapolres, tersangka Dede mengaku bahwa mereka beraksi dengan cara bersandiwara pura-pura tidak saling kenal. Dede bertugas menawarkan batu merah delima kepada korban, sedangkan Gusma berperan sebagai masyarakat yang pura-pura ingin membeli. Keduanya sempat meyakinkan korban seolah-olah batu tersebut asli, yakni dengan cara ditekan dengan dua jari dan dimasukkan ke dalam air. 

“Gusma berperan untuk meyakinkan korban bahwa batu tersebut berharga mahal, memiliki kekuatan mistis dan banyak khasiatnya,” kata AKBP Dony didampingi Kasat Reskrim AKP M. Rosidi dan Kanit Tipiter Ipda Fika Putri. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]