Ternyata! Batu Merah Delima Milik Tersangka Penipuan di Harau Pakai Baterai


Rabu, 27 Mei 2020 - 08:04:46 WIB
Ternyata! Batu Merah Delima Milik Tersangka Penipuan di Harau Pakai Baterai ilustrasi penangkapan

HARIANHALUAN.COM -- Usai ditangkap polisi karena melakukan aksi penipuan terhadap warga, salah seorang tersangka, Dede membeberkan modus penipuannya. Kedua batu merah delima palsu tersebut menyala apabila ditekan dengan dua jari ataupun bila dimasukkan ke dalam air, karena di dalamnya ada baterai. 

“Begitu cara kami meyakinkan korban, ditambah peran Gusma yang meyakinkan korban tentang khasiat batu tersebut dan pura-pura ikut akan membelinya,” ucap Dede saat diperiksa penyidik Polres Payakumbuh.

Tersangka menyebut, usai korban terpengaruh, sebagai syarat pembelian korban diajak salat sunat dulu di Masjid secara bergantian dengan ketentuan tidak boleh membawa barang bawaan. “Untuk meyakinkan korban, yang pertama salat adalah Gusma yang berperan pura-pura juga sebagai pembeli. Gusma menitipkan barang bawaannya kepada korban,” tutur Dede.

Kemudian, kata Dede, dilanjutkan dengan korban salat dengan menitipkan barang bawaannya kepada Gusma. Setelah korban salat, kedua tersangka kabur membawa barang bawaan milik korban. "Sebelum kabur, kami bujuk dulu korban untuk membayar DP dan kami larikan saat korban disuruh salat," jelas Dedi.

Sementara, Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan menuturkan, kedua tersangka juga telah empat kali berhasil melakukan penipuan dengan modus tersebut, diantaranya di Masjid Muhammadiyah Kota Payakumbuh, Rumah Sakit Umum Adnaan WD Kota Payakumbuh, di Halte Ngalau Koto Nan IC Kota Payakumbuh dan Pasar Padang Luar Kabupaten Agam.

“Dari empat TKP tersebut, tersangka berhasil membawa kabur barang milik korban berupa handphone, uang tunai dengan total Rp10 juta dan cincin emas,” terangnya.

Kapolres berpesan, agar masyarakat untuk selalu mewaspadai modus seperti ini dan berhati-hati berinteraksi dengan orang yang baru dikenal, serta jangan mudah diperdaya. “Bagi masyarakat yang pernah menjadi korban dari para tersangka, silakan melapor ke Polres, kami tunggu,” tutupnya. 

Sebelumnya, dua orang tersangka penipuan dengan modus menjual batu merah delima palsu yang sering beraksi di Payakumbuh dan sekitarnya, akhirnya berakhir di tangan petugas Satreskrim Polres Payakumbuh. Kedua tersangka ditangkap petugas pada Selasa (27/5/2020) beserta barang bukti berupa sebuah batu merah delima palsu, sebuah kendi kecil tempat penyimpanan batu merah delima, satu unit motor dan dua unit HP. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 17:23:57 WIB

    Ternyata! Kapak Merah Kawanan Curanmor Pauh Dibeli di Pasar

    Ternyata! Kapak Merah Kawanan Curanmor Pauh Dibeli di Pasar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Opsnal Polsek Pauh berhasil meringkus dua orang tersangka pencurian sepeda motor yang menggunakan "Kapak Merah" dan kerap beraksi di seputaran Kampus Unand, Limau Manis, Padang. Dari hasil .
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 11:04:11 WIB

    Ternyata!! AS Berambisi 'Caplok' Minyak Suriah?

    Ternyata!! AS Berambisi 'Caplok' Minyak Suriah? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden AS Donald Trump mengaku tertarik untuk membuat kesepakatan dengan ExxonMobil atau perusahaan energi lain guna memanfaatkan cadangan minyak Suriah..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]