928 Nagari/Desa di Sumbar Telah Salurkan BLT DD


Rabu, 27 Mei 2020 - 09:42:07 WIB
928 Nagari/Desa di Sumbar Telah Salurkan BLT DD Dok liputan6.com

HARIANHALUAN.COM -- Hingga per Selasa 26 Mei 2020 kemarin hingga pukul 11.00 yang baru melakukan pendataan keluarga penerima BLT DD mencapai 804 Nagari/Desa. Sedang yang sudah menyalurkan BLT DD itu 736 Nagari/Desa atau sekitar 79 persen dari 928 Nagari/Desa di Sumbar.

Sekaitan dengan itu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa pihaknya akan menelusuri dan menelaah desa-desa yang belum menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD).

Dia menerangkan, BLT-DD hadir lantaran adanya dampak ke masyarakat pedesaan akan wabah virus korona (Covid-19). Oleh karenanya, bagi desa yang sudah mendapatkan dana desa ke kas rekening desa namun belum tersalurkan perlu ada penelusuran alasannya.

"Kita masih penelusuran dan telaah desa-desa yang secara faktual yang tidak butuhkan BLT-DD, karena inikan hadir atas dampak Covid-19 kalau desa itu nggak berdampak secara ekonomi nggak harus BLT dipaksa dicairkan, nah itu artinya desa nggak kena dampak scara ekonomi akibat Covid-19," jelas Abdul Halim dikutip dari laman resmi Kemendes PDTT, Rabu (27/5/2020).

Dia memberi contoh, misalnya saja di kawasan perkebunan karet, dimana desa dapat dikatakan makmur yang tidak merasakan adanya dampak Covid-19 dari sisi perekonomian warga desanya. Dalam artian warga desa masih tetap melakukan pekerjaan sehari-hari di perkebunan karet.

"Kalau tidak ada dampak, nah kalau gitu kita beri ruang buat tidak salurkan ini kita telusuri mana saja, terus itu diapresiasi juga," imbuhnya.

Seperti ramai diberitakan, Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, H. Muhammad Nurnas menyebutkan jumlah dana desa yang sudah disalurkan kepada masyarakat di 736 Nagari/Desa itu mencapai Rp77 miliar, sedangkan jumlah dana desa yang dialokasikan Kemendes untuk 928 Nagari/Desa di Sumbar itu sebesar RpRp292,8 miliar lebih.

"Ini artinya, masih banyak lagi BLT DD itu yang belum dicairkan. Dan saya tidak tahu persis apa penyebabnya," sebut Nurnas.

Dia menambahkan, hingga Selasa ini daerah yang sudah mencairkan BLT DD itu yakni Kabupaten Padang Pariaman baru enam nagari dari 108 Nagari yang ada, kemudian Kabupaten Agam baru empat nagari dari 82 nagari dan Kabupaten Kepulauan Mentawai baru satu desa dari 43 desa yang ada.

"Padahal Kemendes PDTT sudah bertegas-tegas BLT DD itu sudah harus bisa dicairkan paling lambat sebelum tanggal 24 Mei kemarin," tegas Nurnas. (*/Hms-Sumbar)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]