Ini Kata Polisi Soal Bendera Merah Putih Bergambar Palu Arit yang Ditemukan di Unhas Makassar


Rabu, 27 Mei 2020 - 14:45:14 WIB
Ini Kata Polisi Soal Bendera Merah Putih Bergambar Palu Arit yang Ditemukan di Unhas Makassar Bendera merah putih yang digambari palu dan arit ditemukan terpajang di dalam kampus Universitas Hasanuddin ( Unhas) Makassar.

MAKASSAR, HARIANHALUAN.COM - Sebuah bendera merah putih yang digambari palu dan arit ditemukan terpajang di dalam kampus Universitas Hasanuddin ( Unhas) Makassar di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Makassar. 

Foto bendera merah putih tersebut menjadi viral setelah diunggah di beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook pada Selasa (26/5/2020). 

Tak sedikit yang mengecam karena dianggap menodai lambang negara. Apalagi logo palu arit merupakan lambang yang dipakai Partai Komunis Indonesia (PKI) yang telah dilarang oleh pemerintah.  

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengatakan bahwa penemuan bendera tersebut telah diselidiki satuan reserse kriminal (Satreskrim) Polrestabes Makassar.  

Dia mengatakan, pihaknya akan memanggil beberapa saksi dari Unhas untuk penyelidikan. 

"Ada (aspek pidana) yaitu melanggar UU Nomor 24 tahun 2009 pasal 24 juncto 67 tentang lambang negara," kata Yudhiawan saat dikonfirmasi, Rabu (27/5/2020).
 
Sebelum diserahkan ke Polrestabes Makassar, kasus penemuan bendera ini sebelumnya ditangani Polsek Tamalanrea. Kapolsek Tanalanrea Kompol Muhammad Aris mengatakan, bendera tersebut sudah disita pihaknya setelah sekuriti kampus Unhas menemukannya di lantai 2 salah satu bangunan di kampus tersebut.  

"Bendera itu di tempat kosong, di fakultas sospol, ada sekuriti yang menyaksikan dan tidak layak digambari karena lambang negara itu. Jadi sekuriti langsung melapor ke kami," kata Aris.  

Sementara itu, Humas Unhas Ishaq Rahman mengatakan, bendera merah putih yang digambari palu dan arit tersebut ditemukan pada 11 April 2020 lalu ketika sekuriti sedang melakukan patroli.

Dia mengatakan, penemuan bendera tersebut dilakukan saat tak ada satupun aktivitas mahasiswa di dalam kampus akibat pandemi Covid-19. 

"Masalahnya ini didapat satpam ketika patroli rutin sore hari.  Kampus kosong, kan kita WFH dan study from home," ujar Ishaq.  

Meski demikian, Ishaq mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengikuti hukum yang berlaku.  Dia pun memastikan barang bukti tersebut sudah diserahkan ke pihak kepolisian. 

"Seperti foto yang beredar, itu bendera merah putih yang dicoreti piloks. Barang buktinya sudah di kepolsian," kata Ishaq.(*) 

 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 22:11:31 WIB

    Mendagri Tito Kaget saat Berkunjung ke Medan, Ternyata Lihat Ini

    Mendagri Tito Kaget saat Berkunjung ke Medan, Ternyata Lihat Ini HARIANHALUAN.COM - Mendagri Tito Karnavian mengaku kaget melihat aktivitas warga Kota Medan yang ramai di tengah pandemi Corona. Tito mengaku sempat bertanya ke Gubsu Edy Rahmayadi apakah Medan sudah menerapkan new normal..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 21:30:36 WIB

    Dahlan Sebut Menteri Lebih Takut Ini Ketimbang Amarah Jokowi

    Dahlan Sebut Menteri Lebih Takut Ini Ketimbang Amarah Jokowi HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2011-2014 Dahlan Iskan ikut mengomentari kemarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara sebelumnya meluapkan kekesalannya saat meyampaikan arahan di d.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 20:29:53 WIB

    3 Fakta Iuran BPJS yang Naik Lagi Hari Ini

    3 Fakta Iuran BPJS yang Naik Lagi Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Iuran BPJS Kesehatan kembali dinaikkan lagi. Dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020, iuran dinaikkan kembali per hari ini. Kenaikan iuran ini tercatat menjadi yang kedua kali selama setahun. Kenaikan sebelumnya .
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 13:17:56 WIB

    Tarif Damri Turun Hari Ini, Berikut Rinciannya

    Tarif Damri Turun Hari Ini, Berikut Rinciannya HARIANHALUAN.COM - Perum Damri memberlakukan kebijakan baru terkait tarif bus Damri rute dari dan ke Bandara Soekarno Hatta . Mulai 1 Juli 2020, tarif bus Damri Bandara Soekarno-Hatta turun sekitar Rp 10.000 hingga Rp 30.000.
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 18:57:24 WIB

    Khusus Pria dan Wanita Aktif, Ini Keunggulan Popok Dewasa Confidence Adult Pants Gender

    Khusus Pria dan Wanita Aktif, Ini Keunggulan Popok Dewasa Confidence Adult Pants Gender HARIANHALUAN.COM - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya, Confidence Adult Pants Gender. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]