Terinfeksi Covid-19, Delapan Petugas Lapas II Muaro Sijunjung akan Diisolasi di BKSDM Sumbar


Rabu, 27 Mei 2020 - 16:51:20 WIB
Terinfeksi Covid-19, Delapan Petugas Lapas II Muaro Sijunjung akan Diisolasi di BKSDM Sumbar Personel Kepolisian Resort Sijunjung dengan menggunkan alat pelindung diri (APD) lengkap, saat melakukan pengamanan pengambilan test swab di lapas Kelas IIB Muaro Sijunjung, Rabu (27/5), pasca dinyatakannya delapan orang petugas Lapas tersebut Positif Covid 19.

HARIANHALUAN.COM - Delapan petugas Lapas Kelas II B Muaro Sijunjung yang dinyatakan positif covid-19 setelah dilakukan pengecekan dan pengambilan sampel untuk swab, akan diberangkatkan ke Padang untuk menjalani isolasi dengan dijemput petugas medis dan diberangkatkan dengan menerapkan protokoler Covid-19 ke BKSDM Provinsi Sumbar.

Hal tersebut diungkapkan Kadis Kominfo Kabupaten Sijunjung Rizal Efendi SE sebagai juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Rabu (27/5), di Media Center Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sijunjung. “Kejadian ini adalah Klaster Lapas, tidak ada kaitannya dengan klaster Mentawai seperti informasi yang beredar sebelumnya,” terangnya.

Pihaknya juga menambahkan, delapan orang yang positif tersebut, diduga terpapar karena melakukan perjalanan ke berbagai wilayah. "Mereka ada yang melakukan perjalanan ke Padang, Pariaman, Dharmasraya, dan lainnya," jelasnya.

Gugus Tugas juga langsung bergerak cepat dengan melakukan test swab terhadap 253 orang yang berhubungan dengan pasien, termasuk warga binaan dan pihak keluarga serta tempat tinggal petugas yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut juga dilakukan penyemprotan disinfektan

“Ada 253 orang yang telah di-tracing karena pernah kontak dengan kasus pasien terkonfirmasi positif. Mereka akan diambil swab pada hari ini. Mereka yang diambil swab itu ada yang narapidana dan ada pula keluarga dari pasien tersebut,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik. Selalu terapkan protokol kesehatan, tingkatkan imunitas tubuh, gunakan masker jika keluar rumah, jaga jarak, selalu cuci tangan menggunakan sabun. “Kita juga mengimbau agar berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan keselamatan dan kesehatan,” katanya.

Sementara itu, sejumlah personel Kepolisian Resort Sijunjung dengan mengenakan pakaian alat pelindung diri (APD) lengkap ditugaskan untuk  pengamanan dan pengambilan test swab di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muaro Sijunjung pasca adanya delapan petugas di Lapas terinfeksi positif Covid-19.

Kapolres Sijunjung Andry Kurniawan, SIK, M.Hum melalui Kasubag Humas Polres Sijunjung Iptu Nasrul, SH membenarkan bahwa sejumlah personel Polres Sijunjung ditugaskan di Lapas Muaro Kelas IIB itu. “Ya, benar, hari ini (rabu.red) sejumlah personel Polres Sijunjung ditugaskan di Lapas Muaro Kelas IIB untuk pengawalan dan pengamanan terhadap warga binaan yang akan melakukan test swab pada hari ini,” terangnya. (*)

Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]