Tagihan Listrik Pelanggan Membengkak? PLN Sumbar Kembali Turunkan Petugas Pencatat Meteran


Rabu, 27 Mei 2020 - 17:48:29 WIB
Tagihan Listrik Pelanggan Membengkak? PLN Sumbar Kembali Turunkan Petugas Pencatat Meteran General Manager PLN Sumbar, Bambang Dwiyanto diskusi online dengan GM Haluan Online, David Ramadian di sela-sela Halal Bihalal PLN Sumbar Bersama Mitra dan Pelanggan yang digelar Video Conference, Rabu (27/5). IST

HARIANHALUAN.COM – Setelah sempat dihentikan sementara karena pandemi Covid-19, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat kembali menurunkan petugas pencatat meteran listrik ke rumah pelanggan. Kebijakan itu merupakan langkah PLN merespon keluhan masyarakat, karena ada beberapa tagihan pelanggan yang membengkak dan tidak wajar.

“Kami mohon maaf mungkin ada tagihan beberapa pelanggan yang tidak wajar saat pandemi corona ini. Untuk itu, PLN kembali menurunkan petugas pencatat meteran ke rumah-rumah pelanggan, yang sempat dihentikan sementara beberapa waktu lalu,” ujar General Manager PLN UIW Sumatera Barat, Bambang Dwiyanto saat acara Halal Bihalal bersama mitra dan pelanggan PLN yang digelar online lewat Video Conference, Rabu (27/5) siang.

Bambang mengimbau seluruh pelanggan PLN tidak khawatir. PLN menjamin tidak akan merugikan pelanggan terkait ada tagihan yang membengkak tersebut. PLN juga kembali melakukan penyesuaian tagihan dengan menurunkan petugas pencatat meteran ke rumah-rumah pelanggan.

“Tagihan pelanggan naik ada kemungkinan, karena selama PSBB pemakaian listrik masyarakat naik. Namun jika membengkak dan tidak wajar, masyarakat tak usah khawatir. PLN akan sesuaikan dengan tagihan bulan berikutnya. Kita sudah ambil langkah cepat dengan menurunkan kembali petugas pencatat meteran ke rumah, sehingga pelanggan tidak dirugikan,” jelas Bambang.

Seperti yang diberitakan harianhaluan.com sebelumnya, PLN menghentikan sementara petugas pencatat meteran sebagai upaya mendukung PSBB dan memutus penularan Covid-19. Sementara untuk besaran tagihan pelanggan mengacu pada rata-rata tagihan pelanggan tiga bulan terakhir tersebut.

Namun ternyata, ada tagihan pelanggan yang membengkah dan dan dinilai tidak wajar jika memang mengacu kepada tagihan tiga bulan terakhir.

“Keluhan perihal tagihan listrik membengkak ini disampaikan melalui Surat Pembaca ke Haluan. Hal ini perlu respon cepat PLN Sumbar, apalagi saat pandemi Covid-19 yang menganggu ekonomi masyarakat,” ujar David Ramadian, General Manager Haluan Online pada kesempatan tersebut.

Sementara itu, Ketua YLKI Sumatera Barat, Syaharman Zanhar yang turut bergabung di acara Vicon Halal Bihalal PLN tersebut meminta PLN UIW Sumatera Barat merespon keluhan pelanggan tersebut. Jangan sampai masyarakat sebagai pelanggan PLN yang mestinya dibantu di saat pandemi Covid-19 ini, namun justru dirugikan.

“Tidak hanya melalui Surat Kabar, sebagian besar keluhan konsumen yang masuk ke YLKI juga mempertanyakan perihal besaran tagihan rekening listriknya yang tiba-tiba membengkak. Kita berterima kasih dan apresiasi pelayanan PLN yang makin baik sekarang, namun PLN juga harus memperhatikan dan teliti masalah tagihan rekening pelanggan tersebut,” tambah Asfar Tanjung yang juga dari YLKI Sumbar.

Halal Bihalal PLN Sumbar tersebut diikuti keluarga besar PLN dan kantor-kantor Area seluruh daerah, pimpinan BUMN/D, perbankan serta organisasi profesi mitra PLN seperti PPILN, AKLI, Aklindo, APEI dan pimpinan media di Sumbar diantaranya Wapimred Harian Singgalang, Pimpred Media Online Klikpositif dan Pimpinan LKBN Antara Sumbar. (*)

Reporter : Agoes Embun /  Editor : David Rm Bungsu
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 April 2020 - 17:15:11 WIB

    Sumatra Barat Sudah Terapkan Pembebasan Tagihan dan Diskon Listrik

    Sumatra Barat Sudah Terapkan Pembebasan Tagihan dan Diskon Listrik PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kebijakan pemerintah dalam membebaskan pembayaran listrik bagi pelanggan Rumah Tangga dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi sudah ditera.
  • Kamis, 26 Mei 2016 - 20:05:53 WIB

    Asati Sumbar Ketagihan Kunjungi Wisata Solok Selatan

    Asati Sumbar Ketagihan Kunjungi Wisata Solok Selatan SOLSEL,HALUAN -- Anggota Association of Sales Travel Indonesia  (Asati) Sumatera Barat (Sumbar) ketagihan mengunjungi destinasi wisata alam Solok Selatan (Solsel)..
  • Kamis, 19 November 2015 - 19:43:26 WIB

    Pelanggan Mengeluh, Tagihan Membengkak

    TAGIHAN TV KABEL TAK SESUAI KESEPAKATAN

    DHARMASRAYA, HA­LU­AN — Pelanggan merasa dirugikan TV Kabel milik PT Telkom Indonesia. Bah­kan pelanggan merasa di­bodohi. Pasalnya, d.

  • Kamis, 06 Agustus 2015 - 18:46:14 WIB

    Gelapkan Tagihan Listrik, IRT Diciduk Polisi

    SOLOK, HALUAN — Belum sempat melarikan diri, Fitri Amelia (26), warga Jorong Koto Tuo, Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok dibekuk polisi di Kelurahan Tanah Garam Kota Solok, Kamis.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]