Dear Pemko Padang, Warga Sungai Pisang Menunggu Bantuan karena Sudah 20 Hari Dihantui Hantaman Gelombang Besar


Rabu, 27 Mei 2020 - 18:04:07 WIB
Dear Pemko Padang, Warga Sungai Pisang Menunggu Bantuan karena Sudah 20 Hari Dihantui Hantaman Gelombang Besar Kondisi terkini pasca gelombang besar yang menghantam rumah warga Sungai Pisang, Kelurahan Teluk Kabung Selatan, Kota Padang.

HARIANHALUAN.COM - Selama lebih kurang 20 hari, warga Kelurahan Teluk Kabung Selatan Sungai Pisang terus dirundung kecemasan karena gelombang besar yang menghantam rumah mereka. Kondisi itu harus secepatnya ditanggulangi agar tidak terjadi hal yang lebih parah.

Camat Teluk Kabung, M. Latif mengatakan, pihaknya telah menyurati dinas terkait untuk pemasangan pencegah abrasi pantai sepanjang lebih kurang 200 meter. Kemudian pencegah abrasi yang telah ada sekarang sepatutnya diperbaiki karena sudah ada yang terbawa arus.

"Untuk sementara ini, hanya dilakukan swadaya masyarakat dengan bergotong royong untuk pemasangan penahan pinggiran dengan menggunakan karung yang berisikan batu," ujarnya, Rabu (27/5/2020).

Ditambahkannya, hal itu tentu tidak akan bertahan lama dan perlu dilakukan pemasangan penahan abrasi pantai supaya bisa bertahan dalam jangka panjang. 

"Selain pemasangan penahan abrasi pantai, juga perlu dilakukan perbaikan jalan yang terkena dampak dari abrasi, agar warga setempat bisa beraktifitas seperti semula, karena rata-rata warga kebanyakan perekonomiannya di lokasi tersebut," sambungnya lagi.

M. Latif menyebutkan, selain kawasan pantai yang berada di Kelurahan Teluk Kabung Selatan Sungai Pisang, beberapa daerah juga terkena dampak pasca pasang naik dan gelombng besar.

"Daerah lain seperti Kelurahan Teluk Kabung Tengah dan Kelurahan Teluk Kabung Utara juga terkena dampak dari gelombang tersebut," katanya lagi.

Sementara berdasarkan data yang ada, rumah tempat tinggal warga yang terdampak akibat ombak besar sekitar 53 rumah yang terkikis dan terbwa ombak. Tujuh rumah dengan total kerugian lebih kurang Rp100 juta. Pihak setempat memohon bantuan dan dukungan dari Dinas PUPR Lingkungn Hidup, Damkar dan BPBD Kota Padang berkenan untuk melakukan pembersihan jalan dari sampah.

"Ada beberpa lokasi yang sampai saat ini masih ada tergenang air laut dan sampah di rumah warga, terutama di depan kantor lurah serta di depan tugu pahlawan Sungai Pisang," tandasnya.(*) 

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]