Belasan Personel Polres Sijunjung Dikarantina Pasca 8 Orang Petugas Lapas Positif Covid-19


Rabu, 27 Mei 2020 - 22:58:16 WIB
Belasan Personel Polres Sijunjung Dikarantina Pasca 8 Orang Petugas Lapas Positif Covid-19 Untuk antisipasi memutus mata rantai Penularan Covid-19, belasan Personil polres Sijunjung disemprot cairan disinfektan dan menjalani isolasi di Gedung SKB Muaro Sijunjung setelah berkontak dengan suami dari salah satu petugas lapas Kelas IIB Muaro Sijunjung yang dinyatakan Positif Covid 19, Rabu (27/5).

HARIANHALUAN.COM -- Pasca delapan orang petugas lapas kelas IIB Muaro Sijunjung yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil test swab, Rabu (27/5). Belasan personil Polres Sijunjung terpaksa harus menjalani karantina di Gedung SKB Muaro Sijunjung.

Dikarenakan salah seorang pegawai Lapas yang positif Covid-19 tersebut diketahui merupakan istri salah seorang anggota Polres Sijunjung. Dampaknya, sekitar 14 orang anggota Polres Sijunjung yang pernah kontak dengan suami dari pasien positif juga dikarantina.

“Ada diantara anggota kita yang pernah kontak dengan yang positif ini dan saat ini sudah dilakukan isolasi. Setelah dilakukan penelusuran, terdapat pula sekitar 14 orang anggota lainnya yang pernah kontak saat bertugas dan untuk antisipasi, anggota tersebut kita lakukan karantina di gedung SKB Muaro Sijunjung,”sebut Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan pada wartawan, Rabu (27/5).

Mantan Kapolres Kota Pariaman itu menyebut, seluruh anggota yang dikarantina juga di semprot dengan disinfektan untuk pencegahan. “Kita juga mengusulkan agar semua anggota Polres untuk dilakukan tes Swab,” ungkapnya.

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat jangan panik. Karena menurutnya, informasi kasus positif dengan delapan kasus ini membentuk klaster di Sijunjung.

Sementara itu, terkait pengamanan di Lapas Kapolres mengatakan telah menurunkan puluhan personil ke Lapas kelas IIB Muaro Sijunjung untuk pengamanan.

“Kita tadi sudah mengerahkan anggota, bahkan dari TNI juga ikut diturunkan untuk pengamanan di Lapas. Kita himbau masyarakat jangan panik, tetap terapkan protokol kesehatan dan patuhi himbauan pemerintah, serta pakai masker dan jaga jarak dengan jangan berkerumun,” tuturnya.

Kapolres juga mengatakan akan ada perubahan pola pengawasan dengan lebih ketat. “Kita (Forkopimda) tadi sudah kordinasi untuk pola pengawasan kedepan, termasuk dengan camat dan walinagari untuk lebih diperketat. Namun bagaimana nanti polanya akan disosialisasikan. Selain itu, Imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat akan terus dilakukan,” kata AKBP Andry Kurniawan. (*)

Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]