Gunakan Meme 'Corona Is Like Your Wife', Mahfud MD Didesak Minta Maaf


Kamis, 28 Mei 2020 - 01:13:03 WIB
Gunakan Meme 'Corona Is Like Your Wife', Mahfud MD Didesak Minta Maaf Mahfud MD

HARIANHALUAN.COM - Pernyataan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyedot perhatian warganet lantaran menggunakan meme 'Corona Is Like Your Wife'. Mahfud pun diminta menyampaikan maaf, karena telah menggunakan candaan seksis di mana sosok seorang istri yang dijadikan objeknya.

Salah satu aktivis feminis Dea Safira mengungkapkan, yang mesti dilakukan Mahfud bukanlah menyampaikan klarifikasi. Akan tetapi mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu juga harus meminta maaf.

"Yang perlu dilakukan adalah meminta maaf dan mengedukasi dirinya sendiri, bukan mencari klarifikasi dan pembenaran," kata Dea dilansir dari Suara.com, Rabu (27/5/2020).

Dea menilai, Mahfud selaku pejabat publik yang mereproduksi candaan seksis, justru memperlihatkan jika mereka mengabaikan pentingnya untuk mendengarkan suara-suara perempuan di tengah pandemi Covid-19.

"Bukan malah makin meminggirkan perempuan, padahal tenaga medis di Indonesia paling banyak diisi oleh perempuan yang kini sedang berkerja melawan Covid-19," ujar wanita penulis buku 'Membunuh Hantu-Hantu Patriarki' tersebut.

Dea juga menambahkan apa yang dilakukan Mahfud tersebut menjadi bukti inkompetensinya seorang pejabat negara dalam menjalankan tugasnya. Menurutnya seseorang yang tidak kompeten justru akan mencari-cari kambing hitam untuk dijadikan sebuah candaan.

"Orang yang tidak kompeten cendeung mencari kambinghitam untuk disalahkan dan dijadikan bahan candaan. Daripada dengan serius menanggapi ini, mereka menggunakan perempuan sebagai bahan candaan," katanya.


Sebelumnya, Mahfud menyebut kalau Virus Corona atau Covid-19 itu bak seorang istri yang tidak bisa ditaklukkan. Maka dengan begitu harus belajar bagaimana caranya hidup dengan kondisi tersebut.

Hal tersebut diperolehnya dari sebuah meme yang ia dapatkan dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Meme yang ia dapatkan itu berisikan tentang Covid-19 yang dibandingkan dengan sosok seorang istri.


Meme itu dibuat dalam tulisan berbahasa Inggris yakni 'Corona is like your wife. In easily you try to control it, then you realize that you can't. Than you learn to live with it.'

"Corona itu seperti istrimu, ketika kamu mau mengawini kamu berpikir kamu bisa menaklukan dia. Tapi sesudah menjadi istrimu, kamu tidak bisa menaklukkan istrimu," kata Mahfud saat mengisi acara Halal Bihalal Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret secara virtual, Selasa (26/5/2020). (*)

 Sumber : Suara.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 17:10:43 WIB

    Rp3,48 Triliun BLT Dana Desa Cair, Digunakan untuk 5,8 Juta Keluarga

    Rp3,48 Triliun BLT Dana Desa Cair, Digunakan untuk 5,8 Juta Keluarga HARIANHALUAN.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) mencatat penyaluran bansos tunai (Bantuan Langsung Tunai/BLT) dari Dana Desa tahap pertama sudah mencapai Rp3,48 triliun ke 5.806.900.
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 08:39:04 WIB

    Percepat Diagnosa Corona, Indonesia Gunakan Mesin TCM TBC

    Percepat Diagnosa Corona, Indonesia Gunakan Mesin TCM TBC JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Reagen atau pereaksi kimia memiliki peranan penting dalam mendeteksi COVID-19 lewat metode pengujian real time PCR. Reagen adalah ekstraksi yang digunakan dalam pengecekan spesimen. Reagen beris.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 13:47:17 WIB

    Korban Corona Makin Banyak, DKI Jakarta Gunakan Eskavator untuk Gali 1.000 Makam

    Korban Corona Makin Banyak, DKI Jakarta Gunakan Eskavator untuk Gali 1.000 Makam JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta membantu menggali lubang makam di TPU Tegal Alur khusus untuk pemakaman dengan protap Corona. Sekitar 1.000 lubang telah digali menggunakan eskavator di TP.
  • Sabtu, 25 April 2020 - 14:06:29 WIB

    Daftar Kendaraan yang Boleh Digunakan Selama Larangan Mudik

    Daftar Kendaraan yang Boleh Digunakan Selama Larangan Mudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah resmi mencegah masyarakat untuk mudik dengan menerapkan larangan sementara penggunaan sarana transportasi pada 24 April - 31 Mei. Meski demikian masih ada jenis kendaraan tertentu .
  • Ahad, 19 April 2020 - 07:29:58 WIB

    Tak Ada Masker, Emak-emak Ini Pilih Gunakan Topeng Harimau

    Tak Ada Masker, Emak-emak Ini Pilih Gunakan Topeng Harimau MEDAN, HARIANHALUAN.COM -- Ada aja tingkah seorang ibu di Medan, Sumatera Utara. Aksinya yang menggunakan topeng mainan anaknya saat membayar pajak kenderaan bermotor di Kantor Samsat Medan Utara, Kota Medan, Sumatera Utara,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]