Pilkada Serentak Tetap 9 Desember 2020, Guspardi Gaus Beri Catatan Agar Berpedoman pada Protokol Kesehatan


Kamis, 28 Mei 2020 - 08:04:54 WIB
Pilkada Serentak Tetap 9 Desember 2020, Guspardi Gaus Beri Catatan Agar Berpedoman pada Protokol Kesehatan Guspardi Gaus

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah dan DPR sepakat pilkada serentak tetap digelar 9 Desember 2020. Hal ini sekaligus jadi kesimpulan rapat kerja Komisi II dengan Mendagri, KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP RI yang digelar secara virtual, Rabu (27/5). 

"Kita tetap sepakat memilih opsi pelaksanaan pilkada 9 Desember 2020,”ujar Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia.

Anggota Komisi II DPR RI asal Dapil Sumbar II, Guspardi Gaus menyatakan mendukung pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 dengan dasar yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Tito memaparkan, ada 47 negara di dunia yang jadwal Pemilunya jatuh di masa Covid-19 ini, dari keseluruhannya, tak ada satupun yang menunda pemilu mereka hingga tahun 2021.

Guspardi menegaskan, pihaknya mendukung pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 dengan catatan setiap rentetan tahapan penyelenggaraan Pilkada dan hari H pelaksanaannya berpedoman pada protokol kesehatan. "Pelaksanaan pilkada itu harus disikapi oleh KPU dengan menerapkan protokoler kesehatan dalam setiap tahapannya," ujar politisi PAN ini.

Mantan pimpinan dan anggota DPRD Sumbar tiga periode ini mengingatkan, penyelenggara pemilu agar berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan pemerintah dalam tiap tahapan yang dilalui terkait Pilkada ini.

"Penyelenggara harus koordinasi dengan Gugus Tugas dan pemerintah, dan tidak sama sekali mengurangi kualitas dan prinsip demokrasi,” tukasnya.

DPR juga meminta KPU, Bawaslu dan DKPP mengajukan usulan tambahan anggaran secara rinci sebagai konsekuensi dari penerapan protokol kesehatan pada pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Sehubungan dengan ini, Mendagri Tito Karnavian membeberkan alasan pemerintah tetap melaksanakan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 di tengah kondisi pandemi Covid-19 atau virus Corona.

Selain karena pandemi belum bisa diprediksi kapan akan berakhir, sejumlah negara pun tetap melaksanakan pemilu lokal maupun nasional di tengah Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. 

"Kami lihat bahwa ada sejumlah negara yang melaksanakan pemilu baik pemilu nasional federal maupun pemilu lokal. Ini ada peta yang kami sampaikan ada hampir semua negara, ada 47 yang melaksanakan pemilu, Sebagian sudah selesai dan sebagaian on schedule," kata Tito. (*)

Reporter : Leni Marlina /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]