Berhasil Kendalikan Transmisi Lokal, Pessel Siapkan Skenario New Normal


Kamis, 28 Mei 2020 - 08:53:30 WIB
Berhasil Kendalikan Transmisi Lokal, Pessel Siapkan Skenario New Normal Hendrajoni

HARIANHALUAN.COM - Guna mengatasi penyebaran virus corona makin meluas, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan saat ini tengah mempersiapkan skenario new normal. Sebab, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dikutip dari akun Instagram @pessel_info, Kamis (28/5) mengatakan Kabupaten Pessel dinilai berhasil mengendalikan transmisi lokal.

“Alhamdulillah Pesisir Selatan mampu mengendalikan transmisi lokal yang ada di Kecamatan Koto XI Tarusan dan semenjak 25 April 2020 tidak ada kasus baru di sana,” sebutnya.

Sehingga, Pemkab Pessel sedang merancang skenario normal yang baru atau New Normal yang saat ini dicanangkan pemerintah pusat. Selain itu, Hendrajoni menyebutkan skenario New Normal dimaksudkan supaya sektor ekonomi masyarakat dapat kembali menggeliat.

“Pesisir Selatan siap menjalankan new normal sehingga semua sektor kembali menggeliat,” katanya.

Sebelumnya, Hendrajoni bersama bupati dan wali kota telah mengikuti rapat evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno secara virtual. Pada rapat evaluasi tersebut Hendrajoni secara gamblang meminta agar gubernur tidak lagi memperpanjang masa PSBB di Pessel.

Menurutnya, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan pada usulan tersebut ialah berhasilnya pengendalian transmisi Covid-19 serta pertimbangan kelangsungan ekonomi masyarakat.

“Sudah saatnya masyarakat menjadikan protokol Covid-19 sebagai budaya,” ucapnya.

New Normal yang harus diterapkan diantaranya membudayakan memakai masker bila berada di luar rumah, jaga jarak dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Secara keseluruhan, sebutnya, protokol kesehatan penanganan Covid-19 di Pessel telah berjalan dengan baik, termasuk tindakan terhadap warga yang diduga kontak erat dengan kasus positif. 

“Hal itu saya katakan karena semua warga yang diduga kontak dengan kasus positif COVID-19, dalam waktu singkat langsung dikarantina dan dilakukan pengujian sampel Swab-nya,” jelas Hendrajoni. (*)

 

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : Instagram @pessel_info /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]