Setelah Ujicoba Tikus Berhasil, Kini Thailand Uji Coba Vaksin Corona pada Monyet


Kamis, 28 Mei 2020 - 16:15:28 WIB
Setelah Ujicoba Tikus Berhasil, Kini Thailand Uji Coba Vaksin Corona pada Monyet Ilustrasi vaksin

BANGKOK, HARIANHALUAN.COM - Thailand tengah bersaing secara global menjadi penyedia alternatif vaksin corona dengan harga yang lebih murah. Negeri gajah putih itu sedang melakukan tes vaksin corona pada monyet yang diharapkan siap pada 2021.

Direktur Pusat Penelitian Primata Nasional Thailand, Suchinda Malaivitjitnond, mengawasi suntikan vaksin untuk kelompok awal sejumlah 13 monyet. Dia berekspektasi vaksin buatan Thailand bisa lebih terjangkau dari buatan Eropa atau Amerika.

Fase pengujian pada monyet tersebut merupakan lanjutan setelah keberhasilan percobaan vaksin pada tikus. Thailand bekerja sama dengan Pennsylvania University di AS, menggunakan teknologi baru berbasis materi genetik mRNA.

Prosesnya mencakup suntikan sekuens pendek materi genetik virus untuk memicu respons kekebalan dengan memproduksi protein yang bertindak melawan virus. Dua perusahaan lain, Pfizer dan Moderna yang berbasis di AS, juga menggunakan teknologi sama.

Ketua Pusat Penelitian Vaksin Chula di Universitas Chulalongkorn, Kiat Ruxrungtham, mengatakan jika uji itu berhasil, tes pada manusia akan dimulai Oktober mendatang. Dia berharap tes mereka berhasil guna membantu banyak orang.

"Impian kami adalah agar negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak harus menjadi pembeli seumur hidup," ujarnya.(*)

 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]