4 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi yang Sebaiknya Dihilangkan


Jumat, 29 Mei 2020 - 07:31:44 WIB
4 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi yang Sebaiknya Dihilangkan Mencuci tangan, cegah penyebaran corona. Foto: pixabay

HARIANHALUAN.COM -- Kamar mandi merupakan salah satu tempat paling kotor di rumah. Untuk itu, menjaga kebersihannya secara teratur sangatlah penting. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, di mana kuman dan virus 'bertebaran' di mana-mana. 

Namun, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan yang ternyata bisa membuat kita mudah jatuh sakit. Kebiasaan apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Viva.co.id, Jumat (29/5/2020).

Main ponsel sambil duduk di toilet

Main ponsel sambil duduk di toilet adalah kebiasaan yang kotor. Kamar mandi kamu harus menjadi zona bebas handphone. Ada banyak kuman yang dapat mendarat di permukaan ponsel, dan akan menyebar ke luar kamar mandi. 

Tidak mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara yang paling efektif dan efisien untuk mencegah sakit dan menghilangkan kuman, serta virus di tangan. Mencuci tangan dengan tidak benar bisa membawa kuman keluar kamar mandi. 

Cuci tangan kamu dengan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik untuk menghilangkan semua kuman. Jika kamu tidak dapat mengira-ngira, nyanyikan lagu Happy Birthday dua kali. Jangan lupa menggosok area bawah kuku, yang juga menampung banyak kuman. 

Melewatkan hand sanitizer

Jika kamu sedang berada di luar dan tidak dapat menemukan sabun, gunakan air untuk membersihkan tangan, kemudian lanjutkan dengan menggunakan hand sanitizer. Pembersih tangan instan ini dapat membantu menjaga tangan kamu terbebas dari kuman. 

Berbagi handuk untuk seluruh keluarga

Tisu kertas di toilet umum sebenarnya jauh lebih baik dalam mengendalikan penyebaran kuman dibanding handuk kain yang kamu gunakan di rumah. Tetapi karena menggunakan tisu tidak ramah lingkungan, gantilah handuk tanganmu sesering mungkin. Handuk tangan harus sering diganti, terutama jika ada anak kecil di rumah. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Mikrobiologi Terapan dan Lingkungan, pengering udara di toilet umum juga tidak higienis. Jadi, yang terbaik adalah menyimpan hand sanitizer di tasmu setiap saat. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 11:20:50 WIB

    4 Makanan Penyebab Kista, Wanita Wajib Tahu

    4 Makanan Penyebab Kista, Wanita Wajib Tahu HARIANHALUAN.COM - Makanan penyebab kista ini wajib diketahui semua orang, terutama bagi perempuan. Soalnya, makanan penyebab kista ini sering kita temui dan bahkan bisa jadi selalu dikonsumsi..
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 08:37:56 WIB

    74 Persen Perusahaan Dunia Berencana Bekerja 'Full Remote'

    74 Persen Perusahaan Dunia Berencana Bekerja 'Full Remote' HARIANHALUAN.COM - Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sudah dilakukan masyarakat sejak beberapa bulan yang lalu karena pandemi Covid-19. Momen ini kemudian menyadarkan banyak pihak, ternyata banyak pekerjaan yang bi.
  • Senin, 15 Juni 2020 - 10:06:55 WIB

    4 Manfaat Minyak Kelapa, Nomor 2 Tak Terduga

    4 Manfaat Minyak Kelapa, Nomor 2 Tak Terduga HARIANHALUAN.COM - Minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan kulit. Makanya tak heran banyak orang yang suka memanfaatkan minya kelapa..
  • Ahad, 07 Juni 2020 - 12:58:57 WIB

    4 Tips Aman agar Mobil Terhindar dari Pencuri

    4 Tips Aman agar Mobil Terhindar dari Pencuri HARIANHALUAN.COM -- Mobil bisa dicuri siapa saja dan di mana saja, entah itu di tempat parkir, kampus, kantor, maupun rumah sekalipun. Risiko mobil tercuri semakin besar bila mobil diabaikan atau ditempatkan di lokasi yang ja.
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 08:57:31 WIB

    4 Pekerjaan Online yang Bisa Menghasilkan Gaji Puluhan Juta, Berminat?

    4 Pekerjaan Online yang Bisa Menghasilkan Gaji Puluhan Juta, Berminat? HARIANHALUAN.COM -- Saat ini, amat jelas terlihat perkembangan teknologi telah menjadikan hidup manusia menjadi jauh lebih mudah. Berbagai aktivitas, mulai dari mencari informasi, melakukan transaksi, hingga cari nafkah pun d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]