Cara Membedakan Darah Haid, Nifas dan Istihadloh, Jangan Keliru!


Jumat, 29 Mei 2020 - 08:02:34 WIB
Cara Membedakan Darah Haid, Nifas dan Istihadloh, Jangan Keliru! Darah Haid (Foto: Shutterstock)

HARIANHALUAN.COM -- Salah satu sifat perempuan secara kodrati adalah keluar darah dari rahimnya. Keluarnya darah ini bisa disebabkan karena melahirkan.

Seperti dilansir dari Okezone.com, Jumat (29/5/2020), Penyebab lainnya adalah adanya proses peluruhan pada dinding rahim yang tebal karena tidak ada pembuahan sel telur. Ini yang kemudian kita kenal dengan siklus menstruasi atau haid.

Menurut syari’at Islam, ada tiga macam darah yang keluar dari rahim perempuan. Darah haid, nifas dan istihadloh. Darah haid, seperti yang telah dijelaskan di awal merupakan siklus yang terjadi pada perempuan karena adanya perubahan hormon pada organ reproduksinya.

Di dalam kitab Fathul Qorib dijelaskan:

"Darah haid adalah darah yang keluar dari organ reproduksi perempuan dalam kondisi sehat, bukan sebab melahirkan."

Berdasarkan keterangan fiqih, syarat seorang perempuan dikatakan dalam keadaan haid adalah apabila ia telah mencapai usia sembilan tahun kurang 16 hari (dalam hitungan tahun hijriyah) dan mengeluarkan darah dari organ reproduksinya selama tidak kurang dari 24 jam.

Meski begitu, perempuan tidak perlu menunggu sampai 24 jam untuk dapat memastikan bahwa ia dalam keadaan haid. Jika ia telah melihat darah keluar, maka seketika itu juga ia menghukumi darah tersebut sebagai darah haid dan waib meninggalkan perkara-perkara yang tidak boleh dilakukan bagi orang yang haid.

Fuqoha menjelaskan, masa paling sedikitnya darah keluar dari organ reproduksi perempuan sehingga bisa dihukumi sebagai darah haid adalah 24 jam. Sedangkan masa paling lama adalah 15 hari. Namun, umumnya perempuan mengalami haid selama enam atau tujuh hari.

Adapun darah nifas merupakan darah yang keluardari organ reproduksi perempuan setelah berlangsungnya proses melahirkan. Para ulama fiqih sepakat bahwa paling sedikit masa keluarnya darah nifas adalah sekejap (kadar satu kali keluarnya darah) saja dan masa paling lamanya darah nifas adalah enam puluh hari. Akan tetapi, pada umumnya perempuan mengalami nifas selama empat puluh hari.

Penjelasan ini dapat ditemui dalam berbagai literatur turots atau kitab kuning seperti dalam kitab Safinatun Naja dan Fathul Mu’in. Jika seorang perempuan mengeluarkan darah dari organ reproduksinya bukan karena melahirkan dan masa keluarnya lebih dari 15 hari, maka darah terdebut telah berubah hukumnya menjadi darah istihadloh.

Begitu juga apabila ia dalam keadaan nifas dan masa keluarnya telah lebih dari 60 hari, maka ia telah berada dalam kondisi istihadloh.

"Adapun istihadloh adalah darah yang keluar (dari organ reproduksi perempuan) di luar siklus masa haid dan nifas.” Wallahu a’lam wa ahkam. (*)

 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 07:13:19 WIB

    Pakai Masker Seharian Sebabkan Infeksi Kulit, Begini Cara Mencegahnya

    Pakai Masker Seharian Sebabkan Infeksi Kulit, Begini Cara Mencegahnya HARIANHALUAN.COM – Pandemi virus corona atau COVID-19 telah mengubah hidup kita dalam banyak cara. Mengenakan masker sebelum melangkah keluar rumah dan sering mencuci tangan, sudah menjadi keseharian dalam hidup kita. .
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 14:38:35 WIB

    Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

    Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi HARIANHALUAN.COM - Ruam popok seringkali terjadi pada bayi. Ruam tersebut biasanya muncul seperti bercak merah dibagian pantat atau area genital bayi..
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 08:22:11 WIB

    Begini Cara Membuka dan Membuang Masker yang Benar

    Begini Cara Membuka dan Membuang Masker yang Benar HARIANHALUAN.COM - Di era pandemi Covid-19, masker menjadi benda yang wajib untuk dikenakan saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini dilakukan karena masker dapat mencegah berpindahnya partikel besar, dari cairan tubuh yang m.
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 22:34:25 WIB

    Anda Punya Perut Buncit? Coba Lima Cara Sederhana Ini untuk Mengatasi

    Anda Punya Perut Buncit? Coba Lima Cara Sederhana Ini untuk Mengatasi HARIANHALUAN.COM - Selain membuat tidak percaya diri, perut buncit diketahui tidak baik bagi kesehatan. Sebab, terlalu banyak menimbun lemak perut dapat menyebabkan kondisi seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diab.
  • Sabtu, 13 Juni 2020 - 22:35:54 WIB

    Ingin Bahagia? Pelajari 4 Hormon Bahagia dan Cara Meningkatkannya

    Ingin Bahagia? Pelajari 4 Hormon Bahagia dan Cara Meningkatkannya HARIANHALUAN.COM - Setiap bentuk emosi yang kita alami tidak terjadi begitu saja. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh reaksi kimia yang ada pada tubuh. Salah satunya saat merasa bahagia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]