PPDB SMP di Kota Padang Ada 3 Jalur, Pendaftaran Jalur Prestasi Mulai 2 Juni


Jumat, 29 Mei 2020 - 12:01:52 WIB
PPDB SMP di Kota Padang Ada 3 Jalur, Pendaftaran Jalur Prestasi Mulai 2 Juni Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 digelar mulai bulan Mei hingga Juli 2020. Terdapat 3 jalur yang bisa Anda ikuti untuk dapat masuk ke sekolah impian. Salah satunya PPDB Jalur Prestasi Non Akademik.

PPDB Jalur Prestasi Non Akademik merupakan jalur masuk untuk SMP negeri yang diselenggarakan berdasarkan prestasi calon peserta didik seperti di bidang olimpiade sains nasional, olimpiade olahraga nasional, festival seni nasional dan lain sebagainya dengan perolehan paling rendah juara 1 perorangan tingkat Kota Padang dan juara 3 tingkat provinsi untuk di luar daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi dalam surat edarannya mengatakan terdapat 4 jenis lomba kesiswaan yang masuk pada PPDB Jalur Prestasi Non Akademik. Seperti, Lomba kesiswaan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lomba Kesiswaan di Lingkungan Kementerian Agama, Lomba atau Kejuaraan di Lingkungan Pemuda dan Olahraga, serta Lomba atau Kejuaraan di Lingkungan Daerah atau Provinsi.

Untuk jalur pendaftaran prestasi atau Non Akademik pendaftaran pengambilan formulir dimulai pada tanggal 2-7 Juni 2020. Kemudian pengambilan formulir dan penyerahan berkas administrasi pada tanggal 2-8 Juni 2020 dan pengumuman siswa yang diterima pada tanggal 12 Juni 2020 yang bertempat di sekolah masing-masing. Selanjutnya, calon peserta didik mendaftar ulang ke sekolah yang dituju pada tanggal 15-16 Juni 2020.

Persyaratannya dokumen asli dan fotokopi yang telah dilegalisir pihak sekolah berupa:
⁃ Akte kelahiran
⁃ Fotokopi nilai rapor kelas IV, V, dan VI (5 semester terakhir)
⁃ Setifikat piagam yang dimiliki
⁃ Medali pemenang yang disertai dengan SK pemenang
⁃ Bahan pendaftaran dan kelengkapan administrasi lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi dalam surat edarannya mengatakan khusus PPDB Non Akademik dibidang keagamaan kategori tahfizh Al-quran akak dilaksanakan pendaftaran pada tanggal 2-6 Juni 2020. Dilanjutkan kegiatan seleksi pada tanggal 8-9 Juni 2020, pengumuman pada tanggal 12 Juni 2020 dan pendaftaran ulang pada tanggal 15-16 Juni 2020.

Persyaratannya sebagai berikut:
⁃ Membawa rapor asli atau fotokopi yang trlah dilegalisir
⁃ Hafal Al-quran 3 Juz untuk SMP
⁃ Mendaftar perorangan melalui sekolah asal
⁃ Bahan pendaftaran diserahkan sekolah ke Dinas Pendidikan
⁃ Peserta yang dinyatakan lolos akan diberikan sertifikat yang dapat digunakan sebagai syarat PPDB jalur prestasi.

Pada surat edaran tersebut dijelaskan penempatan peserta didik jalur prestasi di SMP ditetapkan dengan SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang dengan mempertimbangkan tempat tinggal dan bidang prestasi yang dimiliki calon peserta didik. Bagi peserta didik yang telah diterima melalui jalur prestasi tidak dapat mengikuti PPDB Jalur Online. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]