Langkah Cepat Atasi Pandemi, Pemprov Sumbar Apresiasi Paramedis dan Laboratorium Covid-19 


Jumat, 29 Mei 2020 - 15:33:01 WIB
Langkah Cepat Atasi Pandemi, Pemprov Sumbar Apresiasi Paramedis dan Laboratorium Covid-19  Nasrul Abit

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Wakil Gubernur, Nasrul Abit mengatakan apresiasi penuh bagi tenaga medis dan laboratorium penanganan Covid-19 yang ada di Universitas Andalas (Unand) telah bekerja selama 22 jam hingga subuh dini hari untuk memeriksa 1.461 sample.

"Pekerjaan tim yang luar biasa, sehingga menjadikan pemeriksaan sample swab di Sumbar menjadi pemeriksa terbanyak yang pernah ada di Indonesia," kata Wakil Nasrul Abit dalam dialog online via zoom bersama Ikatan Apoteker Sumbar, Kamis (28/5/2020).

Nasrul Abit mengapresiasi tim medis dan laboratorium ini karena telah bekerja dengan semangat tanpa kenal lelah, jauh dari keluarga demi merawat dan menangani pasien, khususnya Covid-19. Semoga pengabdian paramedis ini menjadi amal ibadah yang tidak ternilai harganya, karena ini menyangkut nyawa manusia, sehingga ini merupakan tanggungjawab yang sangat mulia.

Langkah yang dilakukan dalam upaya mencegah penularan pandemi Covid-19 adalah dengan mendeteksi dini dan mencari sebanyak-banyaknya para indikasi mulai dari ODP, PDP, OTG maupun PPT. "Menurut hasil deteksi kita dibandingkan dengan provinsi lain, Sumbar lebih cepat dalam penanganan uji laboratorium, dikarena Kedokteran Unand mempunyai labor sendiri, jadi sampelnya bisa diperiksa setiap hari di Laboratorium," ujarnya.

Selain mengapresiasi langkah yang dilakukan paramedis, dalam menghadapi Covid-19 Sumbar telah menyiapkan beberapa rumah sakit rujukan di antaranya, RS M. Jamil Padang, RSAM, RS Unand, RS M.Natsir, RS Semen Padang Hospital, RS Reksodiwiryo, dengan kapasitas 147 tempat tidur.

Kemudian Rumah Sakit Khusus Covid-19, diantaranya RSUD Pariaman dan RSUD Rasidin Padang, dengan kapasitas 273 tempat tidur, serta jejaring rumah sakit Covid-19 RSUD Daerah dengan jumlah 563 tempat tidur. "Selain itu, kita juga sudah menyiapkan sembilan lokasi karantina untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) lima lokasi dan Orang Dengan Covid Positif Ringan (OD-CPR) empat lokasi," katanya.

Keempat lokasi karantina ODP di antaranya, Asrama Diklat PPSDM Kemendagri Ragional Bukittinggi di Baso, UPT Asrama Haji Padang Pariaman, UPTD Balai Pelatihan Penyuluhan, Asrama BLK Padang Panjang, Arama BLK Payakumbuh. Sedangkan untuk karantina (OD-CPR) berlokasi di Asrama Diklat BPSDM Prov Sumbar, UPTD Balatkop Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumbar, Asrama Diklat Bapelkes Dinas Kesehatan, Gedung ITC UPTD BPTSD Prov Sumbar Payakumbuh.

"Inilah sarana-sarana yang kita siapkan mulai dari perlengkapannya, tenaga kesehatan, Dokter beserta Perawatnya telah kita siapkan semua," tambahnya.

Nasrul Abit juga menjelaskan untuk pengendalian akan dilakukan secara edukasi dan sudah lakukan sosialisasi kepada masyarakat. "Dari provinsi saja sudah cukup banyak mengirim surat hampir 100 surat tentang instruksi bagaimana penanganan Covid-19 ini mulai dari ke tingkat desa, kelurahan sampai ke tingkat terendah" katanya.

Selain pengendalian, Nasrul Abit mengatakan perlunya dilakukan tracing ketika ditemukan satu kasus seperti di Pasar Raya kemarin. Mereka yang terindikasi langsung ditracing dengan siapa bersangkutan, berhubungan dengan siapa, kelurganya semuanya dicari, sehingga diisolasi, di swab ke laboratorium Unand ketika hasilnya positif, di tracing secara cepat.

Kemudian selanjutnya Wagub menjelaskan tentang isolasi ini juga boleh dirumah dan juga ada tempat disiapkan oleh pemerintah provinsi sebanyak sembilan lokasi, ada yang di Padang, Bukittinggi dan Padang panjang. Semuanya sudah tersebar tempat isolasi baik bagi yang positif maupun yang belum, dan yang Pasien Dalam Perawatan (PDP) biasanya sudah diisolasi. 

"Ketika hasilnya positif maka akan dimasukkan kekarantina, dirawat dengan standar Covid, mereka akan mendapatkan pengobatan dan dirawat, minimal 14 hari dan ada juga yang tiga minggu," tutupnya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 16:53:20 WIB

    Langkah Cepat Mulyadi Bantu Masyarakat di Sumbar Lawan Penyebaran Covid-19

    Langkah Cepat Mulyadi Bantu Masyarakat di Sumbar Lawan Penyebaran Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Langkah-langkah penanganan virus Covid-19 atau corona terus diupayakan oleh anggota DPR RI dapil Sumatra Barat (Sumbar) II Mulyadi. Selaku wakil rakyat, Mulyadi berperan aktif dalam membantu masyarakat di R.
  • Senin, 14 Januari 2019 - 10:45:42 WIB

    Gelar Pesta Rakyat Pasbar Expo 2019, Pemuda Jorong Pasaman Baru Apresiasi Langkah Bupati

    Gelar Pesta Rakyat Pasbar Expo 2019, Pemuda Jorong Pasaman Baru Apresiasi Langkah Bupati PASAMAN BARAT, HALUAN – Pemuda Kejorongan Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman-Pasaman Barat (Pasbar) mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Pasbar, TNI-Polri, dan semua instansi terkait yang telah bekerja sama mensuk.
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:11:07 WIB
    SUMBAR TARGETKAN NIHIL HOTSPOT

    Kapolri : Perlu Langkah Tegas Tangani Karlahut

    Kapolri : Perlu Langkah Tegas Tangani Karlahut PADANG, HALUAN — Dikala Pemprov Sumbar disibukan dengan pena­nganan bencana banjir dan longsor, disaat ber­sa­maan Kapolri Tito Kar­navian me­nga­dakan teleconference di Mapolda Sumatera Barat. Hal ini terkait pembah.
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 11:09:07 WIB

    Nagari Koto Ranah Melangkah dengan BUMNAG

    Nagari Koto Ranah Melangkah dengan BUMNAG SUNGI RUMBAI, HALUAN — Nagari Koto Ranah sejak dipimpin Marzuki tampak makin tacelak saja. Nagari dengan segudang potensi itu, kini sudah punya pasar nagari yang lumayan ramai. Banyak dana masuk ke nagari itu berkat tangan .
  • Selasa, 21 Juni 2016 - 17:13:14 WIB

    Selangkah Lagi, Padi Gadang Rumpun Jadi Benih Unggul Nasional

    Selangkah Lagi, Padi Gadang Rumpun Jadi Benih Unggul Nasional SAWAHLUNTO, HALUAN- Benih padi gadang rumpun sebagai benih varietas lokal Sawahlunto merupakan salah satu keberhasilan dalam percepatan swasembada pangan dikota ini, di samping beberapa kegiatan optimasi lahan dan perbaikan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]