Kabar Gembira! Bansos dan Subsidi dari Pemerintah Diperpanjang


Jumat, 29 Mei 2020 - 18:42:53 WIB
Kabar Gembira! Bansos dan Subsidi dari Pemerintah Diperpanjang ilustrasi Bansos

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memperpanjang masa pemberian bantuan sosial (bansos) hingga Desember 2020 untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Namun, jumlah nominal bansos yang diberikan pemerintah berkurang menjadi Rp300 ribu per kepala keluarga (KK).

"Indeks besarannya atau nilai bantuannya yang tadinya Rp600 ribu per KK (kepala keluarga) per bulan, untuk yang Juli sampai Desember jadi Rp300 ribu per KK per bulan," kata  Menteri Sosial Juliari Batubara dalam acara peluncuran aplikasi Jaga Bansos, Jumat (29/5/2020).

Kendati demikian, Juliari menegaskan jumlah penerima bansos masih sama, yakni penerima bansos sembako 1,9 juta KK dan untuk bansos tunai 3 juta KK. Selain Bansos berupa sembako dan uang tunai, pemerintah juga memperpanjang masa subsidi untuk pelanggan listrik, baik bagi 24 juta pelanggan 450 VA maupun 7,2 juta pelanggan listrik 900 VA.

Masa subsidi listrik dan diskon tarif, diperpanjang selama enam bulan, hingga September 2020. Pemerintah pun menambah anggaran untuk subsidi listrikm dari Rp6,9 triliun menjadi Rp61,69 triliun secara keseluruhan. 

Kemudian, pemerintah juga memberikan bantuan kepada penduduk yang terdampak pandemi corona melalui program keluarga harapan (PKH) yang anggarannya mencapai Rp37,4 triliun serta Kartu Sembako dengan anggaran Rp43,6 triliun. Ada pula bantuan langsung tunai (BLT) dana desa sebesar Rp 31,8 triliun, dan Kartu Pra Kerja sebesar Rp20 triliun. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]