Pemko Padang Siapkan Rp35 Miliar untuk Wisata Bahari di Sungai Pisang


Jumat, 29 Mei 2020 - 21:34:20 WIB
Pemko Padang Siapkan Rp35 Miliar untuk Wisata Bahari di Sungai Pisang Wali Kota Padang, Mahyeldi.

HARIANHALUAN.COM - Anggaran sebesar Rp35 miliar dialokasikan Pemerintah Kota (Pemko) Padang dalam pengembangan wisata Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung sebagai salah satu tujuan wisata bahari. Perencanaan pembangunan Sungai Pisang tersebut dibiayai oleh tiga sumber dana yakni, APBD Kota Padang, APBD Provinsi dan APBN. 

"Saat ini sudah teralokasi anggaran sebesar Rp35 miliar untuk pembangunan dermaga terapung," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi saat meninjau dampak abrasi di Sungai Pisang, Kamis (28/5/2020) kemarin.

Sungai Pisang akan dijadikan sebagai gerbang wisata pulau, baik dari Kota Padang maupun kawasan Mandeh. Nantinya kawasan ini bakal menjelma sebagai primadona baru destinasi wisata di Kota Padang, apalagi setelah dibangunnya dermaga terapung untuk transportasi antar pulau. Selain potensi wisata, daerah ini juga memiliki alam yang indah serta terdapat berbagai sejarah di daerah ini. 

Hal itu dibuktikan dengan adanya tiga makam prajurit pejuang di Sungai Pisang. Letak daerah Sungai Pisang juga strategis sehingga akan menguntungkan bagi warga untuk membuka peluang usaha. Masyarakatnya tidak perlu menjadi nelayan karena beberapa bidang usaha bisa digeluti seperti antar jemput wisatawan, pemandu wisata dan menjual kuliner dan souvenir.

Dalam antisipasi abrasi, Mahyeldi mengatakan sudah dipersiapkan penataan pemukiman masyarakat, sudah terdapat 58 unit rumah yang disediakan dengan jarak 800 meter dari lokasi pantai. Dampak abrasi beberapa hari terakhir mengakibatkan 53 rumah terendam dan tujuh bagian dapur rumah terseret ombak di daerah ini. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]