Pilkada saat Pandemi, KPU Pessel akan Tambah Anggaran


Sabtu, 30 Mei 2020 - 09:15:41 WIB
Pilkada saat Pandemi, KPU Pessel  akan Tambah Anggaran Epaldi Bahar

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan masih menunggu instruksi dari KPU pusat terkait penambahan anggaran dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di daerah itu.

Ketua KPU Kabupaten Pessel, Epaldi Bahar mengatakan secara keseluruhan anggaran penyelenggaran pemilu di daerah setempat mencapai Rp35,5 miliar dan jika terdapat peluang penambahan maka hanya untuk pengadaan alat pelindung diri.

"Kami masih menunggu instruksi apakah penambahan anggaran penyelenggaraan pemilu cukup di pusat atau juga di daerah," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Sabtu (30/5).

Menurutnya material yang dibutuhkan dalam penyelenggaran pilkada tahun ini berbeda jika dibanding tahun sebelumnya, karena diperlukannya masker, sarung tangan, cairan disinfektan dan lainnya guna mencegah paparan COVID-19.

"Beberapa rangkaian penyelenggaraan pemilu memang tidak bisa dilepaskan dari masker, sarung tangan dan lainnya guna memberi rasa aman kepada personel pelaksana seperti pada tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dan kegiatan lain," jelasnya lagi.

Kendati demikian lanjutnya pihaknya terus memperkuat sosialisasi akan pentingnya mengikuti protokol COVID-19 ke seluruh jajaran sehingga paparan virus Corona jenis baru tersebut bisa dicegah. Terkait akan dimulainya lanjutan tahapan pilkada pada 15 Juni mendatang maka petugas adhoc yang telah dilantik akan mulai bertugas seperti biasa.

"Sosialiasi terus kami perkuat baik langsung maupun daring, sejauh ini respon dan pelaksanaanya cukup baik, ke depan sosialisasi juga akan diperkuat ke para pemilih karena kami mau tidak mau juga berhadapan dengan mereka," katanya lagi.

Sementara, sebutnya pemungutan suara akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 berdasarkan hasil Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI bersama Kementerian Dalam Negeri, KPU, Badan Pengawas Pemilu, dan DKPP.(*)
 

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : berita.pesisirselatankab.go.id /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 22:20:58 WIB

    Begini Protokol Kesehatan yang Harus Dipatuhi pada Pilkada 2020

    Begini Protokol Kesehatan yang Harus Dipatuhi pada Pilkada 2020 HARIANHALUAN.COM – Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 10:56:09 WIB

    PAN: Pilkada Serentak Paling Ideal Dilaksanakan 2027

    PAN: Pilkada Serentak Paling Ideal Dilaksanakan 2027 HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus, menilai pelaksanaan Pilkada serentak pada 2027 merupakan hal yang ideal. Ia menilai Pilkada serentak akan sangat sulit dilakukan bersamaan dengan Pilpres dan Pile.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 22:48:05 WIB

    Ini Alasan KPU Pentingnya Pilkada Serentak Digelar Desember

    Ini Alasan KPU Pentingnya Pilkada Serentak Digelar Desember HARIANHALUAN.COM - Anggota KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, memberikan setidaknya empat alasan urgensi menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada masa pandemi. Seperti telah dijadwalkan sebelumnya, Pilkada S.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 20:57:34 WIB

    Jelang Pilkada Dharmasraya, Percaturan Politik Mulai Memanas

    Jelang Pilkada Dharmasraya, Percaturan Politik Mulai Memanas HARIANHALUAN.COM - Meski masih menungggu keputusan KPU RI terkait Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), tapi di berbagai daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerahnya, politik di daerah tersebut sudah mulai memanas..
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 15:54:45 WIB

    Pelantikan PPS, Tandai Tahapan Pilkada Serentak Resmi Dimulai di Pasaman

    Pelantikan PPS, Tandai Tahapan Pilkada Serentak Resmi Dimulai di Pasaman HARIANHALUAN.COM - Tahapan Pilkada serentak 2020 resmi dimulai. Ini ditandai dengan dilantiknya 111 Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau ad hoc di tiap kecamatan oleh KPU Kabupaten Pasaman. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]