Trump Perintahkan Amerika Keluar dari WHO


Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:50:30 WIB
Trump Perintahkan Amerika Keluar dari WHO Presiden AS Donald Trump berbicara tentang negosiasi dengan perusahaan farmasi mengenai biaya insulin untuk manula AS di Medicare di sebuah acara di Rose Garden di Gedung Putih selama wabah penyakit virus corona (Covid-19) di Washington, AS 26 Mei 2020.

HARIANHALUAN.COM - Amerika memutuskan untuk keluar dari keanggotaan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO. Keputusan tersebut diambil oleh Presiden Donald Trump pada hari Jumat kemarin waktu Amerika. Trump, dalam pengumumannya, mengatakan bahwa keputusan pisah itu diambil setelah melihat kinerja WHO menangani virus Corona (COVID-19) dan kedekatannya dengan Cina.

"Kami sudah membuat langkah reforma yang harus dilakukan WHO (terkait perbaikan kinerja), namun mereka menolak untuk bertindak," ujar Trump sebagaimana dikutip dari kantor berita Reuters, Sabtu, 30 Mei 2020.

Pemutusan hubungan tersebut menjadi langkah baru dari Trump usai menarik donasinya dari WHO. Pertengahan April lalu, Trump menahan donasi ke WHO, yang besarnya US$ 400 juta, karena kecewa dengan kinerja organisasi tersebut. Trump berjanji akan mengembalikannya apabila WHO mau berbenah.

Dalam perhelatan World Health Assembly, yang digelar pertengahan Mei, Trump sempat mengingatkan WHO soal masalah donasi tersebut. Namun, saat itu, WHO tidak menggubrisnya karena Cina berkomitmen untuk menutup lubang yang ditinggalkan Amerika. Tidak main-main, Cina menjanjikan donasi sebesar US$ 2 miliar untuk dua tahun ke depan atau setara dengan total anggaran WHO di tahun 2019.

Di acara yang sama, Trump juga memberikan WHO sebuah draft reforma yang diharapkan bisa dilakukan dalam 30 hari. WHO menolaknya karena merasa reforma kinerja WHO baru bisa dilakukan setelah pandemi virus Corona (COVID-19) benar-benar terkendali. Hal itulah yang sekarang membuat Trump memutuskan untuk menghentikan keanggotaan Amerika di WHO.

"Karena mereka gagal memenuhi permintaan kami soal reforma kerja, maka kami memutus hubungan kerja sama dengan WHO. Anggaran donasi ke WHO, selanjutnya, akan dialihkan ke negara-negara yang sistem kesehatannya membutuhkan bantuan," ujar Trump menegaskan.

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui bagaimana mekanisme pemutusan hubungan antara anggota dan WHO. Selain itu, WHO juga belum memberikan tanggapan terhadap keputusan Trump. Walau begitu, beberapa waktu lalu, WHO membantah tuduhan Trump bahwa WHO terlalu dekat dengan Cina.

Sementara itu, Direktur Eksekutif dari Physicians for Human Rights, Donna McKay, menganggap Trump telah bertindak gegabah dengan keluar dari WHO.

"WHO adalah wadah untuk berbagai negara bekerjasama menangani masalah kesehatan. Keluar dari WHO di saat pandemi menyerang akan menyakiti tidak hanya Amerika, tetapi juga warga di seluruh dunia," ujar McKay. (*)

 Sumber : Tempo.Id /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Juli 2020 - 12:04:32 WIB

    Trump Sebut Hubungan AS dengan China Sudah Rusak Parah

    Trump Sebut Hubungan AS dengan China Sudah Rusak Parah HARIANHALUAN.COM - Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa hubungan dengan China sudah rusak parah. Oleh karenanya, saat ini dia tidak mempertimbangkan lagi kesepakatan perdagangan fase dua dengan China pada saat ini..
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 18:29:14 WIB

    Donald Trump Akhirnya Pakai Masker, Sudah Takut dengan Covid-19?

    Donald Trump Akhirnya Pakai Masker, Sudah Takut dengan Covid-19? HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya memutuskan memakai masker di ruang publik saat mengunjungi rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington. Ini kali pertama Trump pakai masker sejak t.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 08:06:55 WIB

    Akhirnya, Trump Pakai Masker Juga di Depan Umum untuk Pertama Kali

    Akhirnya, Trump Pakai Masker Juga di Depan Umum untuk Pertama Kali HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengenakan masker di depan umum untuk pertama kalinya. Trump sempat mendapatkan tekanan kuat untuk memberikan contoh kesehatan masyarakat ketika virus Corona (COV.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 23:23:33 WIB

    Trump Dikecam Putri Bruce Lee Gegara Memakai Istilah 'Kung Flu'

    Trump Dikecam Putri Bruce Lee Gegara Memakai Istilah 'Kung Flu' HARIANHALUAN.COM - Shannon Lee, putri aktor laga legendaris dan ikon budaya pop Bruce Lee, mengecam penggunaan istilah "kung flu" oleh Presiden Donald Trump sebagai nama panggilan untuk Covid-19. Dia juga berbagi pemikiran te.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 18:28:15 WIB

    Jika Ini Terjadi, Trump Bisa Tersingkir di Bursa Pilpres AS

    Jika Ini Terjadi, Trump Bisa Tersingkir di Bursa Pilpres AS HARIANHALUAN.COM - Dalam beberapa waktu terakhir, hasil polling sejumlah survei politik di AS menunjukkan bahwa Donald Trump memiliki hasil jajak pendapat yang sangat buruk. Performanya terus menurun seiring dengan banyaknya .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]