Legislator Ingatkan Siapapun tak Boleh Ancam Kebebasan Berpendapat


Sabtu, 30 Mei 2020 - 22:58:55 WIB
Legislator Ingatkan Siapapun tak Boleh Ancam Kebebasan Berpendapat Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto.

HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat, Didik Mukrianto menyayangkan adanya intimidasi dan teror terhadap peserta diskusi di Universitas Gadjah Mada. Ia menegaskan, siapa pun tidak boleh mengganggu, mengekang, mengancam, apalagi merenggut kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

Didik mengatakan, mengatakan Indonesia merupakan negara hukum dinyatakan dalam UUD 1945, tidak ada seorang pun yang boleh melanggar konstitusi. Kemudian, dalam konteks kebebasan, pasal 28E UUD mengatur setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

"Berdasarkan hal tersebut, tidak dibenarkan siapa pun yang mengganggu, mengekang, mengancam, apalagi merenggut kebebasan tersebut, karena itu adalah bagian dari hak asasi manusia," katanya, Sabtu (30/5).

Menurutnya dalam persoalan ini negara harus hadir, pemerintah dan aparatnya harus memberikan perlindungan terhadap setiap ancaman terhadap hak asasi manusia. Lebih jauh dalam, pasal 28G UUD 1945 menegaskan setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi.

Jadi menurut dia kedudukan negara sesungguhnya klir, kewajiban pemerintah jelas, dan hak warga negara sangat gamblang di dalam Undang-undang Dasar 1945. "Saya sangat menyayangkan dan prihatin masih muncul ancaman dan teror di era demokrasi seperti sekarang ini, apalagi forumnya adalah forum ilmiah yang dilakukan oleh kampus," ujarnya.

Sungguh memprihatinkan kata Didik kalau di negara demokrasi ini, pemikiran, diskursus, diskusi, forum ilmiah, forum kampus dianggap sebagai sebuah ancaman. "Memandulkan dan mematikan pemikiran kritis di era demokrasi sungguh melukai dan mengingkari semangat reformasi," ucapnya.

Didik mengingatkan salah satu transformasi besar bangsa Indonesia saat ini adalah stabilitas politik dan keamanan yang semula dengan pendekatan keamanan, kini sedang bertransformasi menuju penegakan hukum. "Berkaca kejadian, sungguh pukulan berat bagi pecinta demokrasi, potret yang sangat memilukan dan memalukan wajah Indonesia sebagai negara demokrasi. Saya berharap presiden, pemerintah dan aparat terus melindungi rakyatnya, dan segera menangkap, menindak pelaku-pelaku teror, jangan pernah ditoleransi sedikitpun teror terhadap demokrasi" ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 14:32:30 WIB

    Dana Covid-19 Diduga Ditunggangi Kepala Daerah, Legislator Minta KPK Bergerak Cepat!

    Dana Covid-19 Diduga Ditunggangi Kepala Daerah, Legislator Minta KPK Bergerak Cepat! HARIANHALUAN.COM - Sejumlah oknum kepala daerah yang memanfaatkan dana bantuan Covid-19 untuk mengangkat citra jelang pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) serentak pada Desember 2020, membuat DPR RI terkejut. Lembaga wakil rak.
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 16:41:51 WIB

    Legislator: TAP MPRS Pelarangan PKI Bersifat Final

    Legislator: TAP MPRS Pelarangan PKI Bersifat Final HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syaifullah Tamliha menilai Keberadaan Tap MPRS Nomor XXV Tahun 1966 tentang pembubaran PKI dan larangan ajaran Komunisme/Marxism di seluruh wilayah Indo.
  • Ahad, 19 April 2020 - 17:54:28 WIB

    Legislator PDIP: Moeldoko Jangan Baper!

    Legislator PDIP: Moeldoko Jangan Baper! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Komarudin Watubun meminta Kepala Staf Kepresiden, Moeldoko tidak terbawa perasaan alias baper soal masyarakat yang menyorot kiner.
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 19:50:04 WIB

    Tenaga Honorer K2 Datangi Gedung DPR, Legislator Berjanji Perjuangkan Jadi CPNS

    Tenaga Honorer K2 Datangi Gedung DPR, Legislator Berjanji Perjuangkan Jadi CPNS JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk kesekian kalinya, tenaga honorer Kategori Dua atau K2 datang ke Gedung DPR untuk memperjuangkan nasib mereka untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). .
  • Jumat, 04 Oktober 2019 - 13:16:01 WIB

    Ini Kritik Pedas Legislator Maluku dan Jawaban Wiranto soal Salah Paham

    Ini Kritik Pedas Legislator Maluku dan Jawaban Wiranto soal Salah Paham AMBON, HARIANHALUAN.COM - Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan ( Menko Polhukam) Wiranto yang menyebut banyaknya pengungsi gempa bumi di Maluku menjadi beban pemerintah, menuai kecaman dari berbaga.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]