Proses Belajar Mengajar saat Pandemi Covid-19, Ini Anjuran IDAI


Ahad, 31 Mei 2020 - 11:20:43 WIB
Proses Belajar Mengajar saat Pandemi Covid-19, Ini Anjuran IDAI ilustrasi proses belajar mengajar

HARIANHALUAN.COM - Mulai melonggarnya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat Ikatan Dokter Anak Indonesia mengambil sikap. Tak hanya itu, pemerintah juga akan memberlakukan New Normal dan proses belajar mengajar akan diperbolehkan kembali. Hal tersebut diprediksi akan membuat lonjakan besar pasien positif Covid-19 di Indonesia.

Oleh karena itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia mengeluarkan surat edaran yang berisi mengenai anjuran yang harus dilakukan saat pelaksanaan proses belajar mengajar. Pada surat edaran tersebut terdapat beberapa poin yang harus diperhatian. IDAI berharap Kemendikbud memperhatikan kembali kebijakan untuk mengeluarkan instruksi sekolah dibuka kembali.

Surat tersebut dikeluarkan di Jakarta tanggal 30 Mei dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • IDAI mendukung dan mengapresiasi kebijakan Kemendikbud untuk menjadikan rumah sebagai sekolah dan melibatkan peran aktif siswa, guru, dan orang tua dalam proses belajar mengajar.
  • IDAI menganjurkan agar kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan melalui skema pembelajaran jarak jau (PJJ) baik secara jaringan maupun luar jaringan, menggunakan modul belajar dari rumah yang sudah disediakan oleh Kemendikbud.
  • Anjuran melanjutkan PJJ ini akan dievaluasi secara berkala mengikuti perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Kemudian juga mempertimbangkan antisipasi lonjakan kasus kedua, sebaiknya sekolah tidak dibuka sampai bulan Desember 2020. Pembukaan sekolah dapat dipertimbangkan kembali saat kasus Covid-19 sudah menurun.
  • Apabila telah memenuhi syarat epidemologi untuk kembali membuka sekolah, maka IDAI mengimbau agar semua pihak dapat bekerja sama dengan cabang IDAI.
  • Untuk keperluan ekstrapolasi data secara akurat maka IDAI menyarankan agar pemerintah dan pihak swasta melakukan pemeriksaan Pi-PCR secara masif termasuk pada kelompok usia anak.

Pada anjuran tersebut, IDAI akan terus melakukan pemantauan situasi melalui cabang IDAI dan akan terus melakukan kajian serta memberikan rekomendasi sesuai perkembangan situasi terkini. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]